Saingi TikTok, Ini Lima Keunggulan Aplikasi Tangi dari Google

Hari Widowati
3 Februari 2020, 18:15
aplikasi Tangi, Google luncurkan aplikasi Tangi, TikTok, aplikasi video pendek dari Google, DIY, tutorial,
KATADATA/HARI WIDOWATI
Google meluncurkan aplikasi Tangi untuk menyaingi TikTok. Tangi akan menjadi wadah untuk berbagi tutorial atau DIY (do-it-yourself) terkait hobi para penggunanya.

Raksasa teknologi Google meluncurkan aplikasi video singkat bernama Tangi. Aplikasi video pendek dengan durasi di bawah satu menit itu mirip dengan aplikasi populer asal Tiongkok, yaitu TikTok.

Tangi merupakan aplikasi eksperimental yang berasal dari Area 120. Nama Tangi berasal dari kata “TeAch and GIve”.
Pendiri Tangi, Coco Mao, seperti dilansir TechCrunch, mengaku terinspirasi untuk menciptakan Tangi setelah mengunjungi orang tuanya di Shanghai.

Dia mendapati orang tuanya menonton banyak video tentang cara melukis dan fotografi di ponsel mereka. Mereka bisa mempelajari dengan cepat tips-tips dari video dibandingkan instruksi dari teks dan gambar yang biasanya membutuhkan waktu lama.

Meski memiliki konsep yang mirip dengan TikTok, ada beberapa perbedaan pada konten di dalamnya. Berikut ini lima keunggulan Tangi yang kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Tangi membantu penggunanya untuk belajar

Berbeda dengan TikTok yang fokus pada unsur hiburan, Tangi memungkinkan penggunanya berbagi video pendek berupa video DIY (do-it-yourself/kreasi sendiri) atau video tutorial untuk menyalurkan hobi dan minat mereka.

“Tujuan platform kami adalah membantu orang belajar membuat kerajinan, memasak dengan video pendek satu menit. Kami merancang Tangi untuk memudahkan pengguna menemukan banyak video cara kerja berkualitas tinggi,” kata Mao seperti dilansir TechCrunch, pada Kamis (30/1).

2. Perpaduan Pinterest dan Instagram

Tampilan aplikasi Tangi terlihat seperti perpaduan antara Pinterest dan Instagram. Pengguna memulai dengan menggulir (scrolling) video berdasarkan topik, atau juga dapat mencari hal tertentu yang ingin dipelajari.

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...