Dua Startup Big Data Peroleh Pendanaan di Tengah Pandemi Corona

Fahmi Ahmad Burhan
26 Mei 2020, 17:48
Dua Startup Big Data Peroleh Pendanaan di Tengah Pandemi Corona
123RF.com/melpomen
Ilustrasi

Delman dan Bonza memperoleh pendanaan di tengah pandemi corona. Kedua startup penyedia solusi berbasis big data ini pun berencana ekspansi, meski situasi sulit akibat Covid-19.

Delman mengumpulkan US$ 1,6 juta atau Rp 23,6 miliar melalui pendanaan tahap awal (seed funding) tersebut. Investasi ini dipimpin oleh Intudo Ventures, dan diikuti investor lainnya yakni Prasetia Dwiharma dan Qlue.

Advertisement

Founder sekaligus CEO Delman Surya Halim mengatakan, dana segar akan digunakan untuk ekspansi bisnis secara agresif. Perusahaan juga bakal mengembangkan ekosistem manajemen big data untuk klien, dalam membuat prediksi dan keputusan bisnis. 

Delman membangun ekosistem big data end to end mulai dari menggabungkan, membersihkan, mengklasifikasikan hingga memvisualisasikan data. Lalu, data-data ini dirangkum dan ditampilkan melalui dashboard agar mudah dipahami.

Dengan begitu, klien Delman dapat mempercepat proses integrasi data yang berasal dari berbagai sumber. (Baca: Bisa Pantau Corona, Startup Bonza Dapat Pendanaan dari East Ventures)

Selain itu, perusahaan berencana membangun pusat pengembangan dan riset big data. Fasilitas dengan nama Delman R&D Center ini akan dibangun di Surabaya tahun ini.

Delman menyebutkan, rata-rata perusahaan menghabiskan US$ 200 ribu dan 70% waktunya untuk membersihkan (cleansing) dan mengklasifikasikan data menjadi basis data. Sebab, banyak data yang bentuknya tak seragam, tidak beraturan hingga salah ketik, sehingga menyulitkan data scientist untuk mengolahnya. 

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement