Bisa Pantau Corona, Startup Bonza Dapat Pendanaan dari East Ventures

Fahmi Ahmad Burhan
26 Mei 2020, 15:44
Bisa Pantau Penularan Corona, Bonza Dapat Pendanaan dari East Ventures
Bonza
Ilustrasi, tampilan dashboard laju penularan virus corona di tiap provinsi di Indonesia yang dikembangkan oleh Bonza.

Startup analisis big data, Bonza mendapatkan pendanaan tahap awal (seed funding) dari perusahaan modal ventura East Ventures. Perusahaan ini mengembangkan algoritma matematika untuk menampilkan peta laju pertumbuhan penularan virus corona atau Effective Reproduction Number (Rt) di seluruh provinsi Indonesia.

Bonza memanfaatkan big data untuk menerjemahkan data dari berbagai sumber dan mengintegrasikan data tersebut. Mereka juga menggunakan mesin pembelajar (machine learning) dan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) untuk membantu klien mengambil keputusan.

Produk yang ditawarkan Bonza bisa digunakan oleh semua orang di perusahaan, mulai dari analis data hingga pemimpin perusahaan dan frontliner. (Baca: 24 Startup Indonesia Dapat Pendanaan meski Ada Pandemi Corona)

Co-founder Bonza Elsa Chandra menilai, saat ini ada gap yang cukup signifikan antara riset di bidang machine learning dan AI dengan implementasinya di lapangan. "Kami menjembatani untuk menutup gap ini," kata dia dalam siaran pers, Selasa (26/5).

Dana segar yang didapat pun akan digunakan untuk mengembangkan teknologi dan produk. Perusahaan juga bakal ekspansi bisnis. 

Saat ini, Bonza juga mendukung upaya pemerintah dalam menahan laju penyebaran Covid-19. Perusahaan menggunakan algoritma matematika untuk menampilkan peta RT di seluruh provinsi Indonesia dan Asia Tenggara.

Model Effective Reproduction Number (Rt) menunjukkan laju infeksi virus corona di tiap provinsi, bergerak dengan kecepatan dan tren yang variatif. Rt dapat menjadi acuan bagi pengambil kebijakan untuk menakar  efektivitas  pengendalian  pandemi corona, seperti pembatasan sosial skala besar (PSBB). 

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...