Cara Halodoc dan Good Doctor Pastikan Harga Tes PCR Covid-19 Turun

Fahmi Ahmad Burhan
20 Agustus 2021, 11:56
halodoc, harga tes pcr, tes pcr
ANTARA FOTO/FB Anggoro/wsj.
Tenaga kesehatan berpakaian pelindung diri mengambil spesimen lendir warga yang membayar untuk tes Polymerase Chain Reaction (PCR) di Poli Pinere, RSUD Arifin Achmad, Kota Pekanbaru, Riau, Jumat (5/6/2020).

Startup kesehatan Halodoc dan Good Doctor menerapkan cara untuk memastikan mitra menurunkan harga tes PCR atau Polymerase Chain Reaction untuk Covid-19 menjadi Rp 495 ribu di Jawa - Bali dan Rp 525 ribu di wilayah lain. Ini sesuai arahan pemerintah.

Head of Operations Halodoc Samodro Bagus menyampaikan, perusahaan terus berkoordinasi dengan mitra penyedia layanan tes PCR terkait situasi dan kebijakan terkini. Ini termasuk mengenai penurunan harga tes PCR.

“Halodoc juga selalu terbuka untuk bekerja sama dengan mitra baru selama memenuhi persyaratan, yaitu terdaftar di litbangkes dan aplikasi new allrecord (NAR) Kementerian Kesehatan (Kemenkes),” kata Bagus kepada Katadata.co.id, Kamis (19/8). Selain itu, memiliki izin operasional yang berlaku.

Ia pun menyampaikan bahwa permintaan tes PCR terus melonjak sejak Juni. Bahkan, mencapai puncak pada awal Juli.

Hal senada disampaikan oleh Managing Director Good Doctor Technology Indonesia Danu Wicaksana. “Ada kenaikan empat sampai lima kali lipat pada Juli, ketika angka kasus positif virus corona meningkat,” katanya.

Ia tidak memerinci langkah yang ditempuh untuk memastikan mitra penyedia menurunkan harga tes PCR sesuai arahan pemerintah. Namun, “kami senang jika dapat mendukung keputusan pemerintah untuk menurunkan harga tes PCR,” ujar dia.

Penurunan harga tes PCR itu menurutnya, dapat mendorong masyarakat untuk melakukan pemeriksaan sebagai bentuk pendukung pendekatan 3T atau testing, tracking, dan treatment.

Dengan penurunan harga tes PCR, ia memperkirakan permintaan layanan akan meningkat. “Ini karena harganya lebih terjangkau,” kata dia.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...