Startup Logistik & Perikanan RI Masuk Daftar Perusahaan Inovatif Dunia

Desy Setyowati
10 Maret 2022, 17:06
Aruna, Shipper, startup, logistik, perikanan
Katadata/Desy Setyowati, Aruna, Shipper
Aruna dan Shipper

Startup Indonesia yakni Shipper dan Aruna masuk daftar ‘The World’s Most Innovative Companies 2022’ versi Fast Company. Shipper bergerak di bidang logistik, sementara Aruna perikanan.

Fast Company merupakan media publikasi bisnis yang berpusat di Amerika Serikat (AS). Fast Company merilis daftar perusahaan paling inovatif di dunia setiap tahun.

Advertisement

Daftar itu berisi perusahaan yang memberikan dampak terbesar melalui berbagai inisiatif mereka di berbagai kategori.

Dalam laporan itu, Shipper berada di urutan 38 dalam daftar 50 Perusahaan Paling Inovatif di Dunia. Selain itu, meraih peringkat pertama untuk perusahaan paling inovatif se-Asia Pasifik alias The Most Innovative Asia-Pacific Companies.

Shipper dinilai berkomitmen dalam menghadirkan inovasi untuk menyatukan infrastruktur logistik Indonesia yang terfragmentasi. Selain itu, membantu logistik pihak ketiga dalam mengelola pesanan dan mengoptimalkan rute pengiriman.

“Pencapaian ini menjadi salah satu milestone yang sangat penting dalam perjalanan pertumbuhan Shipper,” kata Co-Founder sekaligus CEO Shipper Phil Opamuratawongse dalam keterangan pers, Kamis (10/3).

Shipper beroperasi sejak 2017. Startup ini mengelola lebih dari 300 gudang dengan total luas lebih dari 500 ribu meter persegi di 35 kota diIndonesia.

Phil menyampaikan, potensi pasar logistik di Indonesia cukup besar. Dari bidang e-commerce misalnya, laporan Google menunjukkan bahwa nilai transaksi bruto atau GMV sektor ini US$ 53 miliar tahun lalu.

GMV itu tumbuh 52% dibandingkan 2020 US$ 35 miliar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement