Startup RPG Commerce Raih Dana Segar Rp 430 Miliar dari East Ventures
Startup e-commerce direct to consumer (DTC), RPG Commerce telah memperoleh pendanaan Seri B mencapai US$ 29 juta atau sekitar Rp 430 miliar. Pendanaan ini dipimpin East Ventures.
Investor lain seperti UOB Venture Management, Vertex Ventures SEA & India (VVSEAI), dan RHL Ventures, juga terlibat dalam putaran pendanaan tersebut. VVSEAI sebelumnya memimpin pendanaan Seri A RPG Commerce dan ikut berinvestasi kembali di Seri B.
RPG Commerce akan memanfaatkan pendanaan ini untuk mendukung teknologi dan proses pengembangan perusahaan di masa depan. Perusahaan juga akan mengembangkan dan memperluas portofolio merek kelas dunia, serta menciptakan produk konsumen yang revolusioner.
"Dengan putaran pendanaan ini, kami juga ingin memperluas jangkauan talenta kami dengan cepat di seluruh organisasi dan meningkatkan kemampuan teknologi selain memperluas rangkaian merek," ujar Co-Founder dan CEO RPG Commerce Melvin Chee dalam siaran pers pada Rabu (22/6).
Berdiri sejak 2017, RPG Commerce merupakan startup e-commerce DTC yang mendedikasikan diri untuk menyediakan beragam kebutuhan sehari-hari. RPG saat ini mengelola lebih dari 10 merek yang bergerak secara global, termasuk merek pakaian dan peralatan rumah tangga seperti Thousand Miles, Bottoms Lab, Montigo, hingga Cosmic.
Selain mengelola merek tersebut, RPG Commerce juga menjalankan proses pengembangan, produksi, dan pengiriman produk.
Untuk menjalankan operasinya, RPG mendapatkan dukungan teknologi back-end mutakhir dengan tim yang telah menghasilkan ekspansi portofolio merek dengan cepat. Tercatat, pertumbuhan basis pelanggan RPG Commerce mencapai 300% selama setahun terakhir.
Selain merek global, RPG Commerce berharap dapat memberdayakan bisnis kecil melalui program inkubasi dan akuisisi. Tujuannya, untuk memperluas jangkauan produk yang berfokus pada konsumen di berbagai vertikal.
Co-Founder dan Managing Partner East Ventures Willson Cuaca mengatakan, RPG mengambil pendekatan multi-kategori, multi-merek, dengan model roll-up. Ini menjadikan RPG sebagai pemain yang unik dan sukses di sektor e-commerce.
"Sangat penting bagi bisnis DTC untuk membangun daya tarik secara internasional untuk memastikan kesuksesan. RPG unggul sebagai perusahaan yang mampu menumbuhkan basis pelanggan setia di seluruh Amerika Serikat, Kanada, dan Eropa," katanya.