Startup Manajemen Keuangan PINA Raih Dana Segar Rp 44,8 M

Fahmi Ahmad Burhan
4 Juli 2022, 12:36
startup
Katadata/PINA
Empat pendiri aplikasi manajemen aset keuangan dan kekayaanan asal Indonesia, PINA. \

Startup aplikasi manajemen aset keuangan dan kekayaanan asal Indonesia, PINA, meraih suntikan dana US$ 3 juta atau Rp 44,8 miliar dalam putaran pendanaan tahap awal (seed funding). Pendanaan ini dipimpin oleh AC Ventures, Vibe.VC, dan Y Combinator.

Investor lainnya, XA Network, ikut memberikan pendanaan tahap awal. Begitu juga dengan investor terdahulu PINA seperti 1982 Ventures dan Prasetia Dwidharma yang turut berpartisipasi dalam putaran pendanaan ini.

Advertisement

PINA merupakan aplikasi yang didirikan pada 2021 menawarkan layanan penyedia saran dan solusi manajemen investasi kepada penggunanya. PINA menawarkan perangkat pengelolaan aset dan solusi investasi  yang beragam. 

Aplikasi ini juga memberikan saran keuangan terpersonalisasi serta perangkat pengelolaan aset dan investasi otomatis dalam satu aplikasi.

Sehingga, pengguna dapat menautkan semua akun aset mereka untuk memudahkan pengengelolaan aset di satu tempat. Kemudian, memanfaatkan data tersebut untuk otomatisasi tujuan tabungan dan investasi yang telah pengguna tetapkan.

PINA menawarkan layanan tanpa biaya tinggi dan minimum akun. Akses ke perangkat dan penasihat pengelolaan aset di aplikasi PINA tidak dikenakan biaya. PINA hanya akan membebankan biaya pada saat pelanggan melakukan investasi di dalam platform tersebut.

Co-founder dan CEO PINA Daniel van Leeuwen mengatakan bahwa saat ini masih banyak masyarakat Indonesia yang belum memiliki akses ke layanan manajemen aset. Ini karena layanan manajemen aset pada umumnya menetapkan biaya yang tinggi dan biaya minimum.

Di sisi lain, jika calon investor ingin mengelola keuangan mereka secara mandiri, maka mereka harus melakukan berbagai tahapan yang kompleks.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement