Kemnaker Mediasi Manajemen Shopee dan Pegawai Terkena PHK Hari Ini?

Lenny Septiani
22 September 2022, 11:11
phk, kemnaker, Shopee
shopee
Ilustrasi platform Shopee

Sejumlah media melaporkan bahwa Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) akan memediasi manajemen Shopee dengan karyawan yang terkena pemutusan hubungan kerja alias PHK hari ini.

Katadata.co.id mengonfirmasi kabar tersebut kepada Kemenaker. “Masih diselesaikan secara internal antara pekerja dan perusahaan,” kata Staf Khusus Menteri Tenaga Kerja Duta Indah Sari kepada Katadata.co.id, Kamis (22/9).

Advertisement

“Kami percayakan pada proses bipartit mereka. Kami yakin akan ada kesepakatan bersama yang saling menguntungkan,” tambah dia.

Shopee mengumumkan PHK pegawai pada Senin (19/9). Jumlahnya tidak disebutkan, namun Bloomberg melaporkan 3% dari jumlah pegawai di Indonesia.

Head of Public Affairs Shopee Indonesia Radynal Nataprawira menyampaikan, keputusan itu merupakan langkah terakhir yang harus ditempuh. Sebelumnya, perusahaan melakukan penyesuaian melalui beberapa perubahan kebijakan bisnis.

“Kondisi ekonomi global menuntut kami untuk lebih cepat beradaptasi serta mengevaluasi prioritas bisnis agar bisa menjadi lebih efisien. Ini merupakan keputusan yang sangat sulit,” kata Radynal dalam keterangan pers, Senin (19/9).

Namun, Shopee berkomitmen untuk memberikan dukungan bagi karyawan yang di-PHK. “Proses ini akan dilakukan berdasarkan peraturan pemerintah,” ujar dia.

Bantuan yang dimaksud:

Halaman:
Reporter: Lenny Septiani, Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement