66% Ojek Online Ingin Kerja Kantoran, Grab: Mitra Kami Loyal

Desy Setyowati
5 April 2023, 17:45
Grab, ojek online
Grab Singapura
Grab

Riset menunjukkan 66% pengemudi ojek online atau ojol dan kurir ingin bekerja sebagai ‘pekerja kantoran’. Grab mengatakan, mitra driver mereka loyal.

Grab dan lembaga riset Indikator menggelar survei terhadap 1.000 mitra pengemudi GrabBike di Medan, Palembang, Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Makassar selama 22 Februari hingga 15 Maret melalui wawancara tatap muka.

Advertisement

Penelitian dilakukan dengan metode random sampling. Tingkat kesalahan atau margin of error survei diperkirakan +/- 4.5% pada tingkat kepercayaan 95%.

Hasil survei tersebut yakni:

  • 91,7% mitra pengemudi ojek online Grab menyebut kecil kemungkinan untuk pindah ke platform ojek online atau ojol lain
  • 83,4% merasa mereka mendapatkan perhatian besar dari perusahaan
  • 64% responden hanya bergantung pada pemasukan sebagai mitra pengemudi sebagai sumber pendapatan utama
  • 85% responden merasa bangga menjadi mitra pengemudi Grab dan merekomendasikan Grab bagi mereka yang memiliki ketertarikan untuk jadi sopir ojek online atau ojol
  • 89,3% responden merasa ada perbaikan dampak ekonomi
  • 92,2% responden merasa ada keleluasaan dalam mengatur waktu kerja

Country Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi mengatakan, mitra pengemudi memiliki peran kunci dalam ekosistem platform. “Tentunya, kewajiban kami untuk menyediakan program-program yang tidak saja dirasakan berguna oleh mitra, tapi juga sebagai bentuk dukungan dan apresiasi kami,” katanya dalam keterangan pers, Rabu (5/4).

Peneliti Utama Indikator Kennedy Muslim menyampaikan, efektivitas program yang diadakan oleh Grab untuk mitra pengemudi berdampak sangat positif meningkatkan level kedekatan  identitas dan loyalitas.

Survei itu juga menunjukkan lima dari sembilan inisiatif Grab Indonesia pada Kuartal IV 2022 dirasa paling menarik oleh responden, yaitu:

1. GrabModal

Program cicilan ini difasilitasi oleh Julo. Sebanyak 54,7% responden pernah memanfaatkan cicilan ini khususnya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, uang darurat, termasuk untuk pendidikan anak. 

2. GrabBenefits Day

Bazar bagi mitra pengemudi untuk membeli barang-barang dari Partner GrabBenefits dengan harga terjangkau. Sebanyak 85,6% responden menilai program ini meringankan pengeluaran harian lewat diskon dan harga spesial untuk beragam produk, seperti beras, minyak, oli, ban, hingga sepatu sehingga dapat menjadi alternatif belanja yang lebih murah. 

3. GrabScholar: Program Beasiswa Grab

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement