Bakar Uang, GoFood Gojek Luncurkan Promosi Rabu Gratis

Desy Setyowati
4 Juli 2023, 12:44
GoFood, Gojek
Gojek
GoFood Gojek

Gojek, Grab, dan Shopee mulai mengurangi biaya promosi atau bakar uang. Namun Gojek meluncurkan program ‘Rabu Gratis’ GoFood mulai besok (5/7).

Berdasarkan laporan PwC’s 2023 Consumer Insights Survey and Strategies to Deal with Continued Disruptions, 74% konsumen di Indonesia sangat berhati-hati terhadap kondisi finansial pribadi. Hal ini membuat pelanggan di Tanah Air berniat untuk lebih berhemat.

Selain itu, 62% konsumen menyatakan hanya akan membeli produk tertentu ketika sedang promosi. Sementara, 56% konsumen memilih berbelanja di layanan yang menawarkan gratis ongkir atau ongkos kirim.

Berangkat dari temuan itu, GoFood Gojek menyediakan program Rabu Gratis di Mode Hemat. Program ini tersedia di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi atau Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Makassar, Solo, Palembang, Balikpapan, Samarinda, Malang, Pekanbaru, Bandar Lampung, Bali, dan Medan.

Head of Food and Ads Business Gojek Satria Situmorang mengatakan, program Rabu Gratis merupakan bagian dari Mode Hemat. “Program ini menjadi salah satu cara GoFood  berinovasi menawarkan gratis ongkir dengan tetap menjaga keberlangsungan bisnis,” kata dia dalam keterangan pers, Selasa (4/7).

Menurutnya, insentif gratis ongkir akan memperkuat permintaan pelanggan. Dengan begitu, dapat mendorong pertumbuhan mitra usaha UMKM dan menjaga potensi pendapatan mitra pengemudi ojek online atau ojol.

Satria mengatakan, inisiatif Rabu Gratis dan Mode Hemat menjadikan GoFood satu-satunya layanan pesan-antar makanan di Indonesia yang memberikan jaminan ongkir tanpa tergantung promo maupun diskon.

Insentif yang diberikan pada program Rabu Gratis yakni:

  • Gratis ongkir setiap Rabu
  • Jaminan ongkir Rp 3.000 atau Rp 5.000 untuk pesanan jarak dekat hingga 4 km setiap hari dengan fitur Mode Hemat
  • Harga makanan terjangkau untuk minimum order Rp 20.000

Cara menggunakan fitur Rabu Gratis dan Mode Hemat yaitu:

  • Klik GoFood di aplikasi Gojek
  • Klik icon Mode Hemat yang terdapat di homepage GoFood
  • Pilih makanan
  • Pilih opsi pesan-antar dengan menggunakan Mode Hemat
  • Selesaikan transaksi dan bayar dengan pilihan pembayaran yang tersedia

Gojek, Grab, Shopee Kurangi Bakar Uang

GoTo Gojek Tokopedia, Grab, dan induk Shopee yakni Sea Ltd kompak mengurangi ‘bakar uang’ hingga 60% secara tahunan atau year on year (yoy) selama kuartal I. Biaya pemasaran gabungan ketiga perusahaan teknologi ini Rp 14,4 triliun.

Angka tersebut terdiri dari:

  • Grab turun 30,2% menjadi US$ 391 juta atau Rp 5,8 triliun, yang terdiri dari:
  1. Insentif untuk pengemudi turun 22% menjadi US$ 169 juta
  2. Insentif untuk konsumen turun 36% menjadi US$ 222 juta
  • Induk Shopee turun 60,2% menjadi US$ 400 juta atau sekitar Rp 5,95 triliun, yang terdiri dari:
  1. Shopee turun 51,7% menjadi US$ 338,2 juta
  2. Garena turun 69,6% menjadi US$ 23,4 juta
  3. SeaMoney, termasuk ShopeePay turun 89,1% menjadi US$ 21,2 juta
  • GoTo Gojek Tokopedia turun 29% menjadi Rp 2,65 triliun

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...