Grab Akuisisi Raksasa Operator Taksi di Singapura

Desy Setyowati
22 Juli 2023, 08:21
grab
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/hp.
Pengemudi kendaraan listrik GrabElectric menunggu calon pengguna di Jakarta, Selasa (12/7/2022).

Grab Holdings Limited mengakuisisi 100% saham Trans-cab Holdings Ltd pada Jumat (21/7). Trans-cab merupakan operator taksi terbesar ketiga di Singapura.

Trans-cab tersedia sejak 2003. Trans-cab memiliki armada gabungan taksi dan kendaraan sewa pribadi atau PHV lebih dari 2.500, dan jumlahnya bertambah berdasarkan pendapatan bersih untuk bisnis Grab.

Advertisement

Sementara akuisisi oleh Grab tersebut mencakup bisnis taksi dan penyewaan mobil Trans-cab, bengkel pemeliharaan, dan pengoperasian pompa bahan bakar.

General Manager Trans-cab Jasmine Tan menyampaikan, perilaku konsumen berubah. Perusahaan menyadari untuk beberapa waktu perlu mendigitalkan bisnis dan memastikan pengemudi taksi dapat terus berkompetisi.

“Kami yakin kesepakatan ini melindungi masa depan pengemudi taksi,” ujar Jasmine dalam keterangan pers, Jumat (21/7). “Teknologi terdepan di industri Grab akan membantu para pengemudi taksi untuk berkendara lebih produktif dan aman sambil melayani penumpang dengan lebih baik.”

Pendiri dan Ketua Trans-cab Teo Kiang Ang menyampaikan, perusahaan mengembangkan Trans-cab dari armada kecil yang terdiri dari 50 taksi dua dekade lalu, menjadi perusahaan taksi terbesar kedua di Singapura pada satu titik.

“Saat kami mempertimbangkan masa depan dan apa yang terbaik untuk mereka, saya merasa yakin bahwa dengan Grab, kami menemukan mitra tepat untuk menyerahkan Trans-cab,” kata Teo Kiang Ang

Managing Director Grab Singapore Yee Wee Tang menambahkan, kisah Teo Kiang Ang membangun Trans-cab sangat menginspirasi. “Dia membangun banyak bisnis sukses dari awal yang sederhana dan kami sangat bangga untuk melanjutkan bagian dari warisannya,” katanya.

“Kami melihat ini sebagai pertandingan strategis dengan hasil win-win-win untuk semua. Dengan meningkatkan jumlah pengemudi di platform dan membantu mereka beroperasi lebih efisien, kami meningkatkan kecepatan dan keandalan dalam menemukan tumpangan bagi penumpang,” Yee Wee Tang menambahkan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement