Transaksi ShopeeFood dan GrabFood Naik, GoFood Turun

Desy Setyowati
29 Januari 2024, 16:28
shopeefood, grabfood, gofood, Shopee, Grab, Gojek
Katadata/Desy Setyowati
Aplikasi Shopee, Grab, dan Gojek
Button AI Summarize

Transaksi ShopeeFood dan GrabFood pada 2023 naik dibandingkan 2022 di Indonesia. Sementara itu, pemesanan GoFood turun.

Momentum Works merilis laporan bertajuk ‘Food Delivery Platforms in Southeast Asia 2023’. Transaksi pesan-antar makanan seperti GoFood, GrabFood, dan ShopeeFood naik tipis dari US$ 4,5 miliar menjadi US$ 4,6 miliar.

Rincian porsi transaksi GoFood, GrabFood, dan ShopeeFood selama 2022 dan 2023 di Indonesia dapat dilihat pada Tabel di bawah ini:

Layanan20222023
PorsiNilaiPorsiNilai
GrabFood49%US$ 2,2 miliar50%US$ 2,3 miliar
GoFood44%US$ 1,98 miliar38%US$ 1,75 miliar
ShopeeFood7%US$ 315 juta12%US$ 552 juta

Secara keseluruhan, transaksi pesan-antar makanan di Asia Tenggara tahun lalu US$ 17,1 miliar atau naik 5% secara tahunan alias year on year (yoy). Rinciannya sebagai berikut:

Perbandingan GMV pesan-antar makanan GrabFood, GoFood hingga ShopeeFood di Asia Tenggara pada 2022 dan 2023
Perbandingan GMV pesan-antar makanan GrabFood, GoFood hingga ShopeeFood di Asia Tenggara pada 2022 dan 2023 (Katadata/Desy Setyowati, Momentum Works)

Pertumbuhan tertinggi terjadi di Vietnam yakni 27% dan Malaysia 9%. Thailand dan Indonesia naik tipis, sedangkan Singapura stagnan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...