Modus Penipuan: Kelebihan Pesan GoFood, Minta Kirim Uang ke Rekening

Lenny Septiani
13 Mei 2024, 12:17
penipuan gofood, gojek,
Twitter @Monisdoomed
Warganet bercerita dirinya hampir menjadi korban penipuan modus baru di GoFood
Button AI SummarizeBuat ringkasan dengan AI

Viral di media sosial penjual pempek di GoFood menduga dirinya hampir menjadi korban penipuan. Ia mendapatkan pelanggan yang mengaku kelebihan pesanan, dan meminta dikirimkan uang ke rekening.

Modus penipuan mitra GoFood tersebut diungkapkan oleh akun Twitter atau X @Monisdoomed pekan lalu (10/5). “Awalnya penipu memesan makanan dalam jumlah lumayan. Saat driver sudah pick up, penipu menghubungi restoran dan bilang bahwa kelebihan pesan makanan,” katanya.

Pelaku meminta dana dikembalikan melalui transfer ke nomor rekening pribadi.

@Monisdoomed melampirkan foto pesanan. Pelaku memesan enam paket pempek campur isi 10 total Rp 330.600 dan tiga paket pempek campur isi 20 Rp 316.800. Jumlah total pesanan Rp 647.400.

Pelaku menghubungi korban melalui WhatsApp dan memberitahu bahwa ada kelebihan pesanan dan meminta pengembalian dana ke rekening pribadi.

Korban curiga bahwa pelaku ingin mencairkan GoPay Later lewat pemesanan GoFood. @Monisdoomed mengalami modus seperti ini dua kali.

“Pegawaiku bingung, pernah ada modus dengan cara seperti ini sebelumnya. Jadi pegawai kasih nomor ponsel ku kepada di penipu,” ujar dia.

SVP Corporate Affairs Gojek Rubi W Purnomo menyampaikan, perusahaan selalu mengimbau masyarakat agar senantiasa berhati-hati dan waspada dengan beragam modus penipuan.

Salah satu modus penipuan yang diminta untuk diwaspadai yakni transfer uang langsung antara pengguna dan mitra, kegiatan transaksi di luar aplikasi, maupun hal-hal di luar prosedural lainnya.

Gojek pun terus mendorong kampanye #AmanBersamaGojek untuk membekali pengguna dan mitra usaha GoFood untuk terapkan JAGA agar terhindar dari berbagai modus penipuan.

JAGA yang dimaksud yakni:

  • J: Jangan transfer uang ke siapa pun 
  • A: Amankan data usaha dan data pribadi, seperti kode OTP, 16 digit nomor kartu ATM/debit/kredit, CVV, kode PIN, dll
  • G: Gunakan fitur Kelola Pegawai di GoBiz untuk melindungi data usaha Anda
  • A: Adukan hal mencurigakan lewat halaman Bantuan pada aplikasi GoBiz Anda atau mengunjungi artikel "Cara melaporkan penipuan".

"Bagi mitra usaha yang masih memiliki keraguan atau kecurigaan, kami imbau untuk langsung menghubungi Pusat Bantuan Mitra Usaha Gojek di 1500 171 atau mitrausaha@gojek.com dengan jam operasional dari pukul 06.00 hingga 24.00 WIB," kata Rubi kepada Katadata.co.id, Kamis (17/5). 

(REVISI: Ada tanggapan dari Gojek pada Kamis, 17 Mei

Reporter: Lenny Septiani

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...