Cara Gojek Genjot Omzet Pedagang GoFood
Gojek menyediakan Komunitas Partner GoFood atau KOMPAG untuk mendorong penjualan mitra pedagang kuliner. Beberapa mitra mencatatkan kenaikan omzet lewat kegiatan ini.
Berdasarkan studi Institute for Development of Economics and Finance atau INDEF pada 2024, kurangnya keterampilan dalam menggunakan platform digital menjadi tantangan bagi 83,46% pelaku usaha.
Oleh karena itu, Gojek menghadirkan KOMPAG sejak 2019. Jumlah peserta meningkat hampir 4,5 kali lipat menjadi 212 ribu anggota aktif di 80 kota di Indonesia.
“Ini menunjukkan adanya minat yang tinggi di antara para pelaku UMKM digital untuk mencari ilmu dan relasi melalui keikutsertaan dalam komunitas,” kata Head of Merchant Marketing Gojek Felicia Natalie Wijaya dalam keterangan pers, dikutip Jumat (23/8).
Riset terbaru LPEM FEB UI menunjukkan, kegiatan akomodasi makanan dan minuman dari layanan GoFood dan KOMPAG berkontribusi hingga Rp 19,68 triliun atau mencapai 3,7% terhadap PDB Indonesia tahun lalu.
Ada empat program andalan KOMPAG GoFood tahun ini, di antaranya:
1. Webinar NGOPI: kegiatan berbagi ilmu secara online antar-Mitra Usaha GoFood setiap dua kali dalam sebulan.
Pemilik UMKM Ayam Geprek Express sekaligus Wakil Ketua KOMPAG Bogor Mingan misalnya, mencatatkan peningkatan omzet hingga lima kali lipat sejak bergabung pada 2020.
“Inilah yang membuat saya termotivasi untuk berbagi ilmu,” kata Mingan.
2. KOMPAG Kopdar: mempertemukan ratusan Mitra Usaha GoFood dengan manajemen GoFood secara tatap muka untuk berbagi ilmu namun dan membangun jaringan alias networking bagi para Mitra Usaha.
3. Pojok Belajar: sesi berbagi ilmu dan pengalaman secara tatap muka langsung dan lebih intensif antar-Mitra Usaha GoFood yang dimulai sejak awal tahun ini. Program ini diadakan sebulan sekali di enam kota, yaitu Jakarta, Bogor, Tangerang, Bandung, Solo, dan Denpasar.
Pemilik UMKM Ayam Bakar & Soto Betawi Ibu Titin yakni Ihdal menyampaikan, setelah bergabung dengan GoFood dan KOMPAG, ia memiliki enam cabang dan membuka lapangan kerja bagi puluhan karyawan.
“KOMPAG membuat pemilik usaha merasa mereka memiliki support system,” kata Ihdal
4. Facebook Page dan podcast NGOPI: Saluran untuk berbagi ilmu. Konten ini ditonton lebih dari 380 ribu kali selama tujuh bulan terakhir.