Riset: Gabungan Tri - Indosat Unggul di Kecepatan Unggah & Bermain Gim

Fahmi Ahmad Burhan
Oleh Fahmi Ahmad Burhan - Antara
19 Februari 2021, 15:06
Riset: Gabungan Tri - Indosat Unggul di Kecepatan Unggah & Bermain Gim
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Sejumlah pengemudi sepedah motor melintas di depan gedung Indosat, Jakarta Pusat.

Perusahaan telekomunikasi Indosat dan Hutchison 3 Indonesia mengkaji potensi merger. OpenSignal memperkirakan, gabungan keduanya akan unggul dari sisi kecepatan unggah dan bermain gim.

Perkiraan itu berdasarkan analisis OpenSignal menggabungkan pengalaman pengguna masing-masing operator. Kajian itu menghasilkan skor gabungan yang dibandingkan dengan rata-rata nasional.

Advertisement

OpenSignal menggunakan empat variabel untuk melihat potensi dari perusahaan gabungan Tri dan Indosat. Keempatnya yakni pengalaman kecepatan unggahan, unduhan, serta bermain video dan gim.

"Hasilnya, pengalaman (bermain) gim dan kecepatan mengunggah mendapatkan skor lebih tinggi dibandingkan rerata nasional,” demikian isi laporan OpenSignal, dikutip dari siaran pers, Kamis (18/2).

Sedangkan pengalaman kecepatan mengunduh dan membuka platform video masih di bawah rata-rata nasional. Rinciannya dapat dilihat pada Bagan di bawah ini:

Analisis OpenSignal terkait pengalaman konsumen menggunakan layanan internet dari gabungan Indosat dan Tri Indonesia.
Analisis OpenSignal terkait pengalaman konsumen menggunakan layanan internet dari gabungan Indosat dan Tri Indonesia. (OpenSignal)

Telkomsel masih unggul dalam hal pengalaman pengguna mengakses layanan video dan kecepatan mengunduh. Skor perusahaan berpelat merah ini di atas rata-rata nasional untuk kedua variabel ini.

"Maka, akan lebih menantang bagi perusahaan gabungan Indosat dan Tri mengejar rata-rata nasional pada dua variabel tersebut," demikian isi laporan.

OpenSignal juga menganalisis variasi skor perusahaan gabungan Tri dan Indosat berdasarkan wilayah dalam hal membuka video dan kecepatan mengunduh. Secara rinci dapat dilihat pada Bagan di bawah ini:

Analisis OpenSignal terkait pengalaman pengguna membuka video secara online dan kecepatan mengunduh per daerah, jika menggunakan layanan internet dari
Analisis OpenSignal terkait pengalaman pengguna membuka video secara online dan kecepatan mengunduh per daerah, jika menggunakan layanan internet dari (OpenSignal)

Menurut OpenSignal, Tri dan Indosat unggul dalam kategori pengalaman mobile yang berbeda. Jika keduanya jadi bergabung, layanan meningkat pada beberapa variabel.

Akan tetapi, “membutuhkan waktu lama sebelum para pengguna kedua operator dapat melihat manfaat pada pengalaman mobile mereka," demikian isi laporan OpenSignal.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement