Elon Musk Kirim Orang ke Luar Angkasa Usai ‘Bajak’ Pegawai Jeff Bezos

Fahmi Ahmad Burhan
14 September 2021, 09:39
elon musk, jeff bezos, spacex,
ANTARA FOTO/REUTERS/Gene Blevins/foc/cf
SpaceX starships SN9 (ki) dan SN10 terus menunggu untuk uji coba terbang saat matahari terbenam di fasilitas peluncuran di Boca Chica, Texas, Amerika Serikat, Senin (1/2/2021).

Perusahaan besutan Elon Musk, SpaceX akan memberangkatkan empat kru sipil ke ruang angkasa besok (15/9). Korporasi ini sebelumnya merekrut 17 pegawai Blue Origin milik Jeff Bezos.

Meski begitu, kru yang akan menjalankan misi SpaceX Insipiration4 ke luar angkasa bukan hanya pegawai, tetapi juga warga sipil. Salah satunya, merupakan pendiri perusahaan jasa pembayaran Shift4 Payments, Jared Isaacman.

Advertisement

Jared menjadi donatur dalam misi tersebut. Ia juga akan menjadi komandan kru.

Kru sipil lain yang berpartisipasi yakni Chris Sembroski, Sian Proctor, dan Hayley Arceneaux. Mereka berempat akan pergi ke luar angkasa menggunakan ruang angkasa buatan SpaceX.

Pesawat itu akan dibantu oleh roket Falcon 9 saat peluncuran di NASA's Kennedy Space Center di Florida, Amerika Serikat (AS).

"Prakiraan terbaru dari Angkatan Luar Angkasa AS, 70% kemungkinan kondisi yang menguntungkan untuk lepas landas di kompleks peluncuran," kata SpaceX Inspiration4 dikutip dari CNET, Senin (13/9).

Misi Inspiration4 tidak bermaksud mengunjungi stasiun luar angkasa Internasional seperti para astronot dari lembaga antariksa Amerika Serikat (AS), The National Aeronautics and Space Administration (NASA).

Dalam blog resmi SpaceX, itu merupakan misi penerbangan luar angkasa sipil pertama di dunia yang mengorbit. Awak akan terbang jauh lebih tinggi dan lama dibandingkan ketika Jeff Bezos ke ruang angkasa menggunakan roket New Shepard pada Juli (20/7).

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement