NFT Termahal di Dunia, Harganya Mencapai Rp1,3 Triliun

Siti Nur Aeni
7 Februari 2022, 09:42
NFT Termahal di Dunia, Harganya Mencapai Rp1,3 Triliun
123RF
Ilustrasi karya digital yang dijual dalam bentuk NFT

Popularitas NFT atau Non Fungible Token semakin hari semakin meningkat. Bahkan ada beberapa NFT termahal yang pernah diperjualbelikan. Berpakah harga NFT tersebut? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu NFT?

Sebelum membahas lebih jauh tentang kelompok NFT termahal di dunia, tak ada salahnya jika kita memahami terlebih dahulu definisi dari NFT. Berdasarkan penjelasan dalam buku “NFT & Metaverse: Blockchain, Dunia Virtual, & Regulasi”, NFT adalah aset digital pada jaringan blockchain yang memiliki kode indentifikasi serta metadata unik dan berbeda satu sama lain (one of the kind).

Advertisement

NFT juga dapat dimaknai sebagai aset computerized yang menggambarkan beragam barang berwujud maupaun tak berwujud yang unik. Sama seperti instrumen investasi atau aset, NTF juga mempunyai nilai melalui mekanisme pasar.

Tingkat permintaan dan penawaran NFT turut mempengaruhi perubahan harga aset digital tersebut. Teknologi ini sebenarnya sudah ada sejak 2012 lalu, namun baru terkenal semenjak adanya NFT Cryptopunks dan permainan Cryptokitties. Keterlibatan seniman digital juga turut membuat NFT semakin populer di kalangan masyarakat umum.

NFT Termahal yang Pernah Terjual

Di dunia ini ternyata ada beberapa NFT yang termasuk dalam kelompok NFT yang harganya paling mahal. Tak tanggung-tanggung, aset digital tersebut bahkan sukses terjual hingga triliunan rupiah. Mengutip dari Business Insider, berikut daftar NFT termahal yang pernah terjual.

1. The Merge

Di posisi pertama ada The Merger yang merupakan NFT termahal di dunia. NFT tersebut laku dijual dengan harga US$91,8 juta atau sekitar Rp1,3 triliun. NFT ini dibuat oleh seniman anonim dan sukses terjual dalam waktu yang relatif singkat.

The Merge merupakan seni digital yang unik dan sering disebut sebagai seni yang terfragmentasi. Diketahui karya seni digital ini dipegang oleh 28.983 kolektor. Hal tersebut bisa terjadi karena karya ini dijual dalam satuan atau mass.

Jadi, kolektor secara bersama membeli 266.445 massa di penjualan terakhirnya. Perlu diketahui bahwa setiap massa harganya US$575 saat penjualan dimulai. Harga token NFT ini juga mengalami kenaikan US$25 per enam jam.

2. Everydays

NFT termahal selanjutnya yaitu karya seni yang berjudul Everydays: The First 5000 yang berhasil terjual dengan nilai US$69 juta atau setara dengan Rp985,35 miliar. Pemilih NFT ini yaitu artis digital bernama Mike Winklemann atau Beeple.

Beeple membuat karya seni single piece yang terjual di lelang Christie pada 11 Maret 2021 lalu. Mahalanya karya ini karena Everydays merupakan kolasi dari 5000 gambar individu yang dibuat setiap hari dari 2007 hingga 2020.

Everydays: The First 5000 disebut-sebut sebagai kara seni murni berbasis NFT pertama yang ditawarkan dalam rumah lelang besar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement