Video hingga Kreator YouTube Terpopuler Sepanjang 2022

Lenny Septiani
3 Desember 2022, 06:30
Video hingga Kreator YouTube Terpopuler Sepanjang 2022
pexels.com
Ilustrasi mengedit video untuk konten YouTube

Menjelang akhir 2022, YouTube meluncurkan kilas balik selama setahun yang bertajuk ‘2022 a Year on YouTube’. Catatan ke belakang ini memperlihatkan video hingga kreator paling populer sepanjang tahun ini.

YouTube juga membagikan beberapa catatan khusus dan tips dari kesuksesan daftar terpopuler YouTube di Indonesia.

Advertisement

1. Video trending dan terpopuler di Indonesia menunjukkan peranan penting komunitas online di balik setiap kreator.

“Momen yang mengutamakan dan memberi peluang kepada komunitas untuk ikut terlibat terbukti menjadi momen yang sangat relevan dengan budaya di kalangan masyarakat,” demikian keterangan resmi YouTube pada Jumat (2/12).

Video dengan cerita yang bersifat personal ini ditampilkan dengan jelas dan menjadi cara bagi kreator untuk mengapresiasi dan mendekatkan diri dengan para penggemarnya.

Selain itu, ada acara selebritas yang sebenarnya biasa saja, tetapi menjadi heboh dan terkenal karena diviralkan oleh para netizen dan komunitas digital. Misalnya, pertandingan antara Vincent vs Jebreeet dan Azka Corbuzier vs Vicky Prasetyo.

Dari semua itu, YouTube melanjutkan paparannya, “Kita bisa melihat bahwa kreator top selalu melibatkan komunitasnya untuk menciptakan momen-momen kebersamaan.”

2. Video pendek yang viral biasanya disertai kejutan menyenangkan untuk memenuhi ekspektasi audiensi.

Menurut YouTube, dahulu konten berdurasi singkat yang viral biasanya berasal dari momen-momen acak yang tidak sengaja terekam kamera. Sekarang, ada banyak video shorts viral yang sengaja dibuat untuk memunculkan emosi positif dengan materi-materi yang membahagiakan.

Di Indonesia, juga banyak video shorts populer dari kategori konten komedi. Sejumlah kreator menarik perhatian penonton dengan cerita sketsa mengenai karakter dan parodi kultural tertentu, seperti dalam video sketsa dari Sebut Saya Dayat dan Itakimo Bali.

3. Audiens paling banyak terhubung dengan kreator dan artis yang memproduksi konten dalam berbagai format.

Halaman:
Reporter: Lenny Septiani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement