Google Bagikan Tips untuk Pedagang Agar Jualan Laris

Lenny Septiani
15 November 2023, 10:37
Google
Google
Google

Orang Indonesia cenderung mencari informasi secara online saat hendak berbelanja. Google Indonesia pun membagikan tips bagi para penjual untuk menarik calon pembeli agar jualan jadi laris.

Berdasarkan Google consumer survey 2023, empat dari lima konsumen di Indonesia mengandalkan informasi pada platform online sebelum akhirnya memutuskan membeli sebuah produk.

“Setelah melakukan risetnya, para konsumen pun mulai mencari opini tambahan dari rekan maupun kerabat, iklan di surat kabar, hingga mengunjungi outlet untuk memeriksa barang yang diinginkan secara langsung,” kata Google dalam keterangan pers, Selasa (14/11).

Google menilai penting bagi pemilik usaha memahami platform mana saja yang dijadikan acuan oleh calon pembeli.

Beberapa hal ini dapat dilakukan untuk memastikan informasi pada platform online sudah maksimal, sebagai berikut:

1. Memastikan informasi pada website dan pemberitaan di media benar dan lengkap

Google mengatakan bahwa konsumen kerap menggunakan Google Search untuk mencari pemberitaan terkait produk di media maupun melalui website resmi.

Beberapa informasi yang dicari seputar spesifikasi, gambar produk, harga, lokasi toko, pilihan pembayaran maupun cicilan, hingga ulasan konsumen lainnya. “Sebaiknya memastikan bahwa semua informasi tersebut sudah tersedia secara lengkap, benar, dan update,” katanya.

2. Membuat konten video yang menarik

Konten video yang menarik akan membuat konsumen penasaran. Survei konsumen Google menunjukkan satu dari dua calon pembeli mengandalkan ulasan dari konten kreator sebelum melakukan pembelian.

Iklan video dinilai efektif, sebab 84% penonton di Indonesia setuju bahwa iklan yang mereka lihat di YouTube membuat mereka lebih cenderung mempertimbangkan suatu merek atau produk.

3. Informasi lokasi pembelian atau toko yang akurat

Setelah mengantongi beberapa informasi yang ditemukan secara online, konsumen biasanya masih menginginkan untuk melihat secara langsung produk yang diminati.

Penjual disarankan untuk memastikan seluruh lokasi toko sudah terdeteksi secara tepat di Google Maps, agar memudahkan konsumen mengetahui alternatif toko terdekat yang bisa dikunjungi.

4. Penawaran dan informasi promosi melalui email

Mengirimkan email berisi informasi promosi secara berkala dapat membantu konsumen untuk terus update dengan produk yang diinginkan.

Contohnya, sebuah email promo bisa menjadi notifikasi bagi calon pembeli dalam mendapatkan informasi harga terbaru, bahkan penawaran promo terbaik sesuai budget yang dimiliki.

Reporter: Lenny Septiani
Editor: Yuliawati

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...