Profil Perusahaan Software Jerman SAP yang Suap Pejabat Indonesia

Desy Setyowati
15 Januari 2024, 16:12
software asal Jerman, SAP, SUAP PEJABAT,
SAP
Perusahaan software asal Jerman SAP
Button AI Summarize

Perusahaan perangkat lunak alias software asal Jerman yakni SAP terbukti menyuap pejabat pemerintahan Indonesia. Korporasi teknologi ini pun didenda US$ 220 juta atau sekitar Rp 3,41 trilun.

SAP terbukti melanggar Undang-Undang Praktik Korupsi Asing alias FCPA Amerika Serikat. Sanksi denda diberikan berdasarkan hasil investigasi Departemen Kehakiman AS atau DOJ bersama Komisi Sekuritas dan Bursa AS alias SEC.

Denda tersebut akan digunakan untuk menyelesaikan penyelidikan atas kasus suap yang masih berlangsung. Dokumen Pengadilan mencatat SAP menandatangani perjanjian penuntutan yang ditangguhkan atau DPA selama tiga tahun dengan departemen terkait.

DOJ dan SEC mendapati SAP menyuap pejabat pemerintah di Afrika Selatan dan Indonesia. Asisten Jaksa Agung Divisi Krimal DOJ Nicole M Argentieri mengatakan SAP memberikan suap kepada pejabat di Badan Usaha Milik Negara alias BUMN untuk memperoleh keuntungan bisnis dari proyek pemerintah.

Dokumen pengadilan juga mencatat sejumlah modus SAP dalam praktik suap di Afrika Selatan dan Indonesia seperti memberikan uang secara tunai dan transfer elektronik, sumbangan politik hingga pemberian barang-barang mewah kepada para pejabat BUMN.

Selain itu, SAP, melalui pihak-pihak tertentu, terlibat dalam skema untuk menyuap pejabat Indonesia guna mendapatkan keuntungan bisnis secara ilegal sekitar 2015 dan 2018.

SAP menyepakati sejumlah kontrak dengan beberapa lembaga di Indonesia, termasuk Kementerian Kelautan dan Perikanan dan Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika atau BAKTI Kominfo.

Profil Perusahaan Jerman SAP

SAP merupakan perusahan penyedia software enterprise resource planning atau ERP untuk membantu manajemen dan perencanaan suatu perusahaan. Korporasi ini berdiri pada 1972.

Perusahaan software asal Jerman itu didirikan oleh lima mantan karyawan IBM yakni Dietmar Hopp, Hasso Plattner, Claus Wellenreuther, Klaus Tschira, dan Hans-Werner Hector.

Pada 1975, SAP mulai membangun aplikasi untuk akuntansi keuangan, faktur, dan inventaris. Kemudian mengembangkan perangkat lunak jenis lainnya pada 1979.

SAP membuat software generasi ketiga pada 1988. Lalu membuat inovasi perangkat lunak client-server pada 1992 dan mulai memanfaatkan internet pada 1999.

Berdasarkan laman resmi, SAP memiliki sekitar 105 ribu karyawan di 157 negara. Selain itu, bermitra dengan 24 ribu lebih perusahaan. Sementara itu, pendapatan mencapai € 29,5 miliar.

SAP juga menjadi perusahaan software peringkat pertama menurut Dow Jones Sustainbility Index selama 16 tahun. Produk yang disediakan di antaranya:

  • Enterprise Resource Planning
  • Supply Chain Management
  • Financial Management
  • Spend Management
  • Business Network
  • Human Capital Management
  • CRM and Customer Experience
  • Sustainability Management
  • Small and Midsize Enterprises

Platform yang disediakan oleh SAP yakni:

  • Application Development and Automation
  • Artificial Intelligence
  • Data and Analytics
  • Extended Planning and Analysis
  • Integration

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...