Gen Z Pilih Cari Informasi di TikTok, Google Rilis Cara Baru Googling

Desy Setyowati
23 Januari 2024, 13:40
TikTok, Google,
Katadata/Desy Setyowati
TikTok dan Google
Button AI Summarize

Persentase Gen Z yang mencari informasi di TikTok ketimbang Google lebih besar dibandingkan generasi lain, menurut laporan Morning Consult. Google pun menyiapkan cara baru pencarian informasi atau dikenal dengan googling.

Menurut Cloudfare Radar, Google masih menjadi domain terpopuler per 6 Januari. Namun TikTok pernah menggeser posisi Google pada 2021.

Rincian domain terpopuler per 12 Januari dikutip Tech Radar sebagai berikut:

  1. google.com
  2. googleapis.com
  3. facebook.com
  4. apel.com
  5. gstatic.com
  6. microsoft.com
  7. tiktokcdn.com
  8. googlevideo.com
  9. amazonaws.com
  10. doubleclick.net

Menurut laporan Morning Consult pada Februari 2023, persentase Gen Z yang mencari informasi di TikTok ketimbang Google lebih besar dibandingkan generasi lain. Rinciannya sebagai berikut:

Sarana yang dipilih dalam mencari berita per Februari 2023
Sarana yang dipilih dalam mencari berita per Februari 2023 (Morning Consult)

Itu berdasarkan survei terhadap 2.199 orang dewasa di Amerika Serikat (AS) selama 3 – 5 Februari. Margin of error +/- 2%.

“Namun perlu dicatat bahwa pluralitas orang dewasa Gen Z (39%) masih menunjukkan bahwa Google Search menjadi sarana mengumpulkan informasi berita. Hanya saja kelompok muda ini juga menunjukkan preferensi berbeda untuk mencari berita di TikTok,” demikian isi laporan Morning Consult.

Data tersebut juga menunjukkan, gen Z mencari informasi dari media sosial lainnya seperti YouTube dan Instagram.

Cara Baru Googling

Google memperkenalkan cara mencari informasi atau dikenal dengan istilah Googling yakni Circle to Search. Cara ini diperkenalkan saat peluncuran Samsung Galaxy S24.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...