136 UMKM Binaan BRI Meriahkan Bazaar UMKM di Sarinah

Bazar UMKM untuk Indonesia berlangsung di Ruang Rubanah dan Ground Floor Sarinah pada 30 November-3 Desember 2023.
Dini Hariyanti
Oleh Dini Hariyanti - Tim Publikasi Katadata
2 Desember 2023, 12:32
Bazar UMKM untuk Indonesia berlangsung di Ruang Rubanah dan Ground Floor Sarinah pada 30 November-3 Desember 2023.
BRI

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk ikut serta di Bazar UMKM untuk Indonesia. Acara ini berlangsung di Ruang Rubanah dan Ground Floor Sarinah pada 30 November-3 Desember 2023.

Kegiatan bazar UMKM tersebut merupakan komitmen dan wujud nyata dari Kementerian BUMN serta BUMN yang terlibat, dalam pemberdayaan UMKM di seluruh Indonesia. Total ada 218 UMKM terlibat, 136 di antaranya adalah mitra binaan BRI.

Selain itu, bazar UMKM juga menjadi sarana bagi UMKM dalam memperluas pasar, baik secara luring maupun daring melalui PaDi UMKM.

Ke depan, Kementerian BUMN selaku penyelenggara rangkaian bazar akan memberikan penghargaan tiga kategori, yaitu UMKM dengan Nilai Transaksi Terbesar, UMKM Frekuensi Transaksi Tertinggi, dan UMKM Terfavorit.

Kegiatan ini juga menjadi bagian dari Program Bakti BUMN. Ini adalah komitmen Kementerian BUMN terhadap pembangunan berkelanjutan. Pasalnya, pengembangan UMKM menjadi salah satu prioritas Bakti BUMN yang diwujudkan melalui gelaran Bazar UMKM untuk Indonesia.

Terkait hal tersebut, Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto mengungkapkan, bazar ini merupakan upaya bagi BUMN termasuk BRI dalam memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat Indonesia.

“Acara ini merupakan inisiatif untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UMKM sehingga dapat terbangun usaha yang berkualitas,” kata Catur melalui keterangan pers, Sabtu (2/12).

Menurutnya, penting untuk memahami proses pemberdayaan pelaku UMKM. Pertama adalah go modern. Pada tataran ini dilakukan pelatihan dan pendampingan terkait proses membuat brand, branding, pengemasan, standarisasi produk, hingga manajemen bisnis dan akuntansi sederhana.

Kemudian, go digital terkait digitalisasi dasar, aplikasi digital hingga sosial media dasar. Proses ketiga adalah go online yang dalam prosesnya pelaku UMKM mendapatkan pelatihan dan pendampingan terkait social media ads, marketplace, hingga pembuatan website dan konten digital. Terakhir adalah go global di mana UMKM didorong siap ekspor.

Selama melakukan eksplorasi ragam produk unggulan inovatif-kreatif karya UMKM dari berbagai daerah, para pengunjung yang memiliki akun di padiumkm.id dapat memanfaatkan voucer belanja senilai dari Rp25.000 sampai Rp200.000, serta berkesempatan memenangkan hadiah total senilai Rp200 juta.

Ragam produk unggulan hadir di dalam zonasi yang terdiri dari Produk Kuliner, Kecantikan, Kriya dan Fesyen. Zona Kuliner menampilkan ragam pilihan produk makanan dan minuman dalam kemasan mulai dari kue, cemilan, permen, keripik, asinan, kopi, coklat siomai, batagor hingga macam-macam sambal. Zona Kecantikan menampilkan produk pilihan bazar menampilkan ragam pilihan bodywash dan shampoo, dan produk-produk personal care.

Zona Kriya menghadirkan ragam pilihan produk tas, dompet,sabuk kulit maupun anyaman, bros dan kalung, anting, kalung dan cincin serta pouch, tas dan tempat tisu batik. Sementara itu, Zona Fesyen menampilkan banyak pilihan busana batik, tenun, fesyen ecoprint, hijab, kebaya, serta ragam produk alas kaki.

Bazar juga disemarakkan dengan penampilan spesial dari bintang tamu Tiara Andini, komika kodang Ridwan Remin dan hiburan music hidup Running Circle Band dan East Pablo Band. Paralel dengan kegiatan bazar juga digelar aneka Fun Games & Trivia Quiz, Demo Produk oleh UMKM, Workshop Cake Décor, Workshop Pembuatan Solid Perfume, Workshop Macrame dan Sosialisasi Kebudayaan, serta pembuatan Wayang Januroleh Museum Wayang.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...