Studi: Warga Asia Pasifik Andalkan Sains untuk Tata Kembali Kehidupan

Image title
Oleh Doddy Rosadi - Tim Publikasi Katadata
7 Juli 2021, 11:37
3M
3M

Jakarta, 7 Juli 2021 – Selama masa pandemi COVID-19 ini, sains menjadi pemberi harapan di seluruh dunia. Berkat sains, bisa ditemukan cara kerja virus dan mengembangkan vaksin dalam waktu yang singkat berdasarkan pengalaman dari tahun ke tahun atas riset dan ekplorasi sains sebelumnya.

Tidak mengherankan, peningkatan akan harapan ini adalah kesimpulan yang ditemukan dalam laporan State of Science Index (SOSI) tahun ini. SOSI adalah sebuah studi tahunan yang dilakukan lembaga pihak ketiga bekerja sama dengan 3M sebagai perusahaan sains global untuk meneliti pandangan masyarakat terhadap sains.

Studi ini dilakukan dari Febuari hingga Maret 2021 dengan melibatkan 17.000 responden, naik 14.000 responden dari studi tahun sebelumnya dan hal ini menjadikan studi kami menjadi studi dengan sumber data terbanyak hingga saat ini.

Berdasarkan hasil studi SOSI, sains telah membawa harapan baru di Kawasan Asia-Pasifik (APAC). Saat perhatian beralih ke vaksin, masyarakat di Asia Pasifik mengandalkan sains untuk membantu memulihkan dan menata kembali kehidupan. Sebanyak 91% responden di wilayah APAC mengatakan bahwa sains memberi harapan baru untuk masa depan, dan 90% berharap sains dapat membawa perubahan yang lebih baik di 2021.

“Selain harapan, kami juga menemukan bahwa tren kepercayaan akan sains semakin meningkat. Hal ini dibuktikan dari 91% responden Asia-Pasifik yang saat ini percaya pada sains diikuti dengan 86% yang percaya pada ilmuwan. Ini adalah tingkat kepercayaan pada sains tertinggi sejak SOSI pertama kali diselenggarakan pada 2018 lalu.” kata Kevin McGuigan, Vice President and Managing Director, 3M South East Asia Region and Country Leader, Singapore.

Ketika varian baru dari COVID-19 ditemukan dan diikuti dengan meningkatnya gelombang penularan, sulit untuk memprediksi kapan pandemi ini akan benar-benar berakhir. Dengan hanya pengalaman satu tahun kebelakang, masih terlalu dini untuk memprediksi apakah minat baru kita terhadap sains ini akan bertahan untuk kedepannya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...