60 Ribu Relawan Turut Bantu Penanganan Covid-19 di Tanah Air

Image title
Oleh Doddy Rosadi - Tim Publikasi Katadata
10 Desember 2021, 19:33
PERAYAAN TAHUN BARU SAAT PANDEMI
ANTARA FOTO/Andika Wahyu/rwa.

Sebagai bentuk upaya percepatan penanganan Covid-19, kinerja para tim Relawan Covid-19 sangat diperlukan. Hal itu karena relawan memiliki keleluasan bergerak dan berada di tengah masyarakat, terutama dalam menjembatani pemerintah sampai ke tingkat wilayah terkecil RT/RW.

Kepala Bidang Pelatihan Relawan Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Prasetyo Nurhardjanto mengatakan, sampai saat ini pihaknya telah berhasil mengumpulkan 60 ribu relawan untuk membantu percepatan penanganan Covid-19 di Indonesia. Dari 60 ribu tersebut, 33 ribu diantaranya merupakan relawan aktif dan terbagi dalam dua kelompok. Yaitu relawan medis dan non-medis dan terbanyak dari Jawa Barat.

"Per Desember tahun ini sudah ada pelatihan secara offline di 17 provinsi. 33 ribu aktif ini mereka yang terkonfirmasi mengikuti pelatihan dan kesediaan penugasan dan siap ketika dibutuhkan setiap saat," kata dia dalam Katadata Forum Virtual Series 'Persiapan Relawan Covid-19 Jelang Nataru 2021', Jumat (10/12).

Prasetyo menjelaskan, materi yang diberikan kepada para relawan meliputi informasi dasar mengenai Covid-19, protokol kerelawanan, hingga bagaimana menangani situasi tanggap darurat. Materi tersebut disusun oleh para ahli di bidang sumber daya manusia.

Menurut Prasetyo, pihaknya hanya memiliki tugas untuk memproses pendaftaran, memberikan pelatihan dan menyimpan data-data para relawan. Setelah pelatihan dilakukan, sambung dia, data-data relawan akan diberikan kepada Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

Kata dia, BPBD setempat yang memiliki wewenang terkait dengan memberi tugas kepada para relawan. Misal, jelang Natal dan Tahun Baru 2020 lalu, para relawan ditugaskan untuk melakukan sosialisasi mengenai pencegahan penularan Covid-19 di tempat-tempat umum, seperti pelabuhan dan terminal.

"Jadi, mereka BPBD yang akan memilih, sehingga itu akan dilihat dari kebutuhan daerah masing-masing," kata dia.

Ia menuturkan, sampai saat ini proses rekrutmen menjadi relawan Covid-19 dibuka setiap saat dan dapat diakses melalui laman deskrelawanpb.bnpb.go.id/covid-19/. Menurutnya, platform tersebut ditujukan bagi masyarakat Indonesia yang memiliki jiwa sosial untuk mengabdikan diri sebagai relawan Covid-19.

"Setelah mendaftar, akan kami jadwalkan kapan pelatihan dasar. Biasanya kami konfirmasi lewat email," jelasnya.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...