Transisi Energi, PT Adaro Energy Fokus ke PLTS & PLTA

Image title
Oleh Doddy Rosadi - Tim Publikasi Katadata
6 April 2022, 16:30
Transisi Energi, PT Adaro Energy Fokus ke PLTS & PLTA
Katadata

PT Adaro Energy Tbk akan mulai melakukan transisi energi dari fosil ke energi terbarukan. CEO PT Adaro Energy Tbk Garibaldi Thohir mengatakan, Adaro akan fokus ke pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) dan juga PLTA.

“Ini ada dua opportunity besar, negeri ini mendapat anugerah Tuhan yaitu sinar matahari yang berlimpah, tapi energi solar tidak bisa 24 jam jadi mesti dikombinasikan dengan hydro, gas, batubara jadi mixed energy,” kata Garibaldi Thohir atau akrab disapa Boy Thohir saat berbincang dengan Co-Founder & CEO Katadata Metta Dharmasaputra beberapa waktu lalu di Los Angeles, Amerika Serikat dan ditayangkan pada event IDE Katadata 2022, Rabu (6/4/2022).

Menurut Boy, PT Adaro Energy sudah mempunyai PLTS dengan skala kecil di Kalimantan Selatan dan akan mengembangkan PLTS lainnya di Batam, Bintan dan Kalimantan Utara.

“Adaro juga harus bertransformasi yang tadinya coal related businesses, kita harus ikuti kondisi zaman. Jadi kita harus transformasi dari based on batubara saya ma uke renewable energy. Dalam visi saya, itu akan lebih proaktif ke PLTA,” kata Boy.

Boy menambahkan, Indonesia punya sumber daya yang besar untuk mengembangkan PLTA. Selain itu, dia juga punya lahan sawit yang luas di Kalimantan Utara yang akan dikembangkan untuk menjadi renewable energy.

Kata dia, Adaro akan mengembangkan hydro dan juga industrial estate serta turunannya di Kaltara. Proyek ini tidak bisa selesai dalam waktu 1-2 tahun. Menurut Boy, dalam waktu 10-15 tahun akan rampung perjalanan dari batubara menjadi energi terbarukan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...