Danau Toba Jadi Tuan Rumah F1 Powerboat Hingga 2027

Image title
Oleh Doddy Rosadi - Tim Publikasi Katadata
24 Januari 2023, 16:19
Danau Toba Jadi Tuan Rumah F1 Powerboat Hingga 2027
Katadata

Indonesia akan menggelar Kejuaraan Dunia F1 Powerboat (F1H20) pada 24-26 Februari 2023 di Danau Toba Sumater Utara. Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengungkapkan, Danau Toba dipercaya untuk menjadi tuan rumah F1 Powerboat selama lima tahun hingga 2027.

Zainudin menambahkan, pelaksanaan F1 Powerboat pembuka di tahun ini merupakan salah satu upaya untuk mendorong destinasi wisata di Danau Toba yang merupakan salah satu destinasi wisata prioritas.

“Saya hadir pada event F1 Powerboat di Sharjah, Dubai pada 16 Desember 2022. Di Sharjah, venue yang dipakai adalah danau buatan dan cuaca sangat panas. Ini sangat berbeda dengan Danau Toba yang udaranya sejuk dan bukan buatan. Karena itu, pemerintah akan menyiapkan event ini dengan sangat serius dan berharap dukungan dari berbagai pihak untuk menyukseskan F1 Powerboat 2023,” kata Zainudin dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (24/1/2023).

Zainudin menambahkan, Presiden Joko Widodo sudah dipastikan hadir untuk membuka F1 Powerboat di Danau Toba. Kata Zainudin, Presiden sudah memberikan instruksi untuk mendorong pemulihan dan pertumbuhan ekonomi di destinasi wisata melalui kegiatan pariwisata dan event olahraga.

F1 Powerboat ini, kata Zainudin, setara dengan balapan Formula 1 di darat. Zainudin berharap, dengan adanya event ini bisa memicu hadirnya atlet Indonesia di cabang balap jet air.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...