Mitra Adiperkasa Ambil Alih Pemasaran Clarks dan Lego di Indonesia

Clarks diharapkan memperkuat lini bisnis department store perusahaan.
Image title
Oleh Ekarina
8 Mei 2018, 07:00
Lotus
Katadata
Lotus merupakan salah satu brand department store milik PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP)

Penyuka merek sepatu Clarks di Indonesia boleh kembali senang. Pasalnya merek sepatu asal Inggris yang sebelumnya dikabarkan menutup puluhan gerainya di Indonesia ini akan kembali eksis dan siap beroperasi di bawah exclusive distributornya yang baru yaitu PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI).

Wakil Presiden Direktur Mitra Adiperkasa VP Sharma mengatakan perusahaan baru saja melakukan finalisasi kontrak sebagai pemegang lisensi merek sepatu premium ini di Indonesia. Dia menuturkan hadirnya Clarks diharapkan bakal memperkuat lini bisnis department store perusahaan.

"Untuk Clarks kami belum bisa mengatakan berapa gerai akan dibangun karena hal itu masih terlalu awal. Namun untuk tahap pertama Clarks mungkin akan dipasarkan melalui gerai department store milik perusahaan dalam beberapa bulan ke depan," ujarnya di Jakarta, Senin (7/5).

Sharma juga  enggan menyebut besaran investasi yang perusahaan gelontorkan untuk membeli lisensi Clarks di Indonesia. Namun dia optimistis perusahaan bisa meraih nilai tambah dari  merek tersebut.

Advertisement

Clarks sebelumnya dipasarkan lewat distributor tunggalnya yaitu PT Anglo Distrindo Antara. Namun di akhir Januari lalu, perusahaan memutuskan menutup seluruh gerai Clarks yang ada di Indonesia lantaran kerugian yang terus dialami perusahaan sejak akhir 2015.

(Baca :Terus Merugi, Distributor Clarks Tutup Semua Gerai Tahun Ini)

Sebanyak 25 gerai  telah ditutup secara bertahap sejak tahun lalu. Penutupan gerai Clarks juga sempat membuat heboh, lantaran manajemen menggelar diskon besar-besaran untuk menghabiskan sisa barang di toko menjelang penutupan.

Gelaran diskon tersebut pun disambut antusias pengunjung. Dari pantauan Katadata di Grand Indonesia misalnya, pengunjung tampak mengular hingga beberapa meter di luar pintu gerai hingga harus memberkakukan sistem buka-tutup untuk mengantisipasi membludaknya pengunjung. 

Selain mengambil alih merek sepatu Clarks, Mitra Adiperkasa per tahun ini juga menjadi distributor resmi merek mainan anak Lego. "Lego dan Clark baru akan dimulai. Yang pasti lego merupakan brand yang diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap kids business," kata Head of Corporate Communication of MAP Fetty Kwartati.

Hingga Maret 2018, Mitra Adiperkasa tercatat telah mengoperasikan 1.925 gerai retail di 75 kota di Indonesia. Dengan ekspansi yang perseroan lakukan tahun ini, penjualan bersih diharapkan tumbuh 15% dibading tahun sebelumnya.

(Baca Juga : Penjualan Peretail Fashion dan Gaya Hidup Naik di Kuartal I 2018)

    News Alert

    Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

    Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
    Video Pilihan

    Artikel Terkait