Tertekan Corona, Maskapai Milik Susi Pudjiastuti Pangkas Gaji Karyawan

Image title
29 April 2020, 19:49
Tertekan Corona, Maskapai Milik Susi Pudjiastuti Pangkas Gaji Karyawan.
Arief Kamaludin|KATADATA
Menteri Kelautan dan Perikanan periode 2014-2019, Susi Pudjiastuti. Pandemi corona ikut menganggu bisnis maskapai penerbangan milik Susi Pudjiastuti.

Pandemi corona menyebabkan bisnis maskapai penerbangan tertekan. Tak terkecuali maskapai Susi Air milik Menteri Kelautan dan Perikanan Periode 2014-2019, Susi Pudjiastuti yang terpaksa harus melakukan sejumlah efisiensi termasuk memotong gaji karyawan. 

"Kami menutup unit-unit usaha yang tidak produktif, biaya transportasi, memotong gaji karyawan dan sebagainya agar bisnis tetap seimbang," kata Susi dalam diskusi daring Kumparan.com di Jakarta, Rabu (29/4).

Advertisement

Menurut dia, kebijakan tersebut terpaksa dilakukan lantaran wabah corona terus berlangsung sehingga mengganggu operasional. Terlebih lagi, bisnis pengiriman kargo logistik untuk alat medis juga masih minim.

(Baca: Jaga Kinerja saat Pandemi, Garuda Pacu Bisnis Kargo dan Sewa Pesawat)

Dengan kondisi seperti itu, perusahaan tidak memiliki banyak pilihan untuk mempertahankan usaha. "Pengiriman logistik medis sampai sekarang masih sangat sedikit karena kargo-kargo dari pesawat besar tidak begitu banyak, jadi kami masih menunggu," kata dia.

Meski begitu, Susi juga melihat pandemi wabah sebenarnya memberi kesempatan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk memperbaiki kinerja bisnisnya menjadi lebih baik. Sehingga di saat wabah ini berakhir, UMKM bisa naik kelas.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement