Korsel Resesi, RI Berpeluang Gaet Relokasi Pabrik Kosmetik

Image title
24 Juli 2020, 19:32
Korsel Resesi, RI Berpeluang Gaet Relokasi Pabrik Kosmetik.
Antara Foto /Oky Lukmansyah
Ilustrasi kosmetik wanita. Resesi ekonomi Korea Selatan diharapkan mampu gaet peningkatan investasi Negeri Ginseng ke RI.

Korea Selatan masuk jurang resesi setelah Produk Domestik Bruto (PDB) negara itu pada kuartal II 2020, negatif 3,3% melanjutkan kinerja triwulan I yang terkontraksi 1,3% dibanding kuartal terakhir tahun lalu. Namun, di satu sisi hal ini memberikan kesempatan bagi Indonesia menggaet investasi dari Negeri Ginseng.

Ekonom Senior Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Enny Sri Hartati memperkirakan resesi yang terjadi di Korea Selatan membuka peluang adanya relokasi pabrik ke Indonesia, salah satunya kosmetik berorientasi ekspor. 

Hal ini bisa terjadi karena investor mempertimbangkan menyelamatkan modalnya ke negara-negara yang lebih aman untuk berbisnis. Indonesia bisa saja menjadi salah satu yang dilirik. 

Pasalnya, pertumbuhan ekonomi dalam negeri pada kuartal I dan II masih menunjukkan tren positif, kendati melambat. Sedangkan beberapa negara tetangga Korea di Asia bahkan ada yang mengalami resesi contohnya Singapura. 

"Secara keuntungan bisnis akan lebih menguntungkan kalau mereka bikin pabrik di Indonesia karena mendekatkan pasar dan juga bahan bakunya banyak," kata Enny kepada Katadata.co.id, Jumat (24/7).

Namun, untuk menangkap peluang tersebut pemerintah harus bergerak cepat membenahi seluruh kendala. Misalnya, menekan biaya logistik serta memberikan kepastian regulasi dan hukum yang kerap dipertanyakan investor.

Pembenahan kedua masalah tadi menurutnya lebih diperlukan investor ketimbang iming-iming pemberian lahan gratis. 

Dengan adanya perbaikan ini, dia berharap ke depan investasi yang masuk bisa lebih berkualitas melalui industri pengolahan yang menghasilkan produk bernilai tambah dan menciptakan lapangan kerja. 

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...