Gantikan GIIAS, Gaikindo Jakarta Auto Week Diramal Jual 20 Ribu Mobil
Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) akan menggelar pameran otomotif Gaikindo Jakarta Auto Week pada 21 – 29 November 2020, di Jakarta Convention Center (JCC). Pameran ini ditargetkan mampu menjaring penjualan hingga 20 ribu unit kendaraan.
"Kami perkirakan 18 ribu-20 ribu unit," kata Ketua Umum Gaikindo Yohanes Nangoi saat dihubungi Katadata, Senin (24/8).
Ajang ini digelar di tengah pandemi corona dan menggantikan acara pameran otomotif serupa, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) ke-27. Penyelenggaraan GIIAS dibatalkan dikarenakan melibatkan pendukung yang cukup besar, seperti industri terkait.
Penyelenggaraan GIAAS juga mencakup penyelenggaraan konferensi berskala internasional yang melibatkan banyak orang serta peluncuran produk baru dari setiap perserta dengan proses persiapan yang panjang.
Meski dibuat dalam konsep lebih sederhana, dia optimistis Gaikindo Jakarta Auto Week dapat mendorong tercapainya target penjualan mobil tahun ini sebesar 600 ribu unit. Gaikindo mencatat, penjualan mobil domestik selama Januari-Juli telah mencapai 286.216 unit.
Artinya, Gaikindo perlu mengejar penjualan sebesar 313,7 ribu unit selama Agustus hingga Desember 2020. "Ini cukup menantang," ujar dia.
Bebarapa upaya pun menurutnya telah dilakukan untuk mendorong penjualan. Salah satunya, mengajukan stimulus fiskal kepada pemerintah melalui keringanan pajak kendaraan bermotor.
Selain itu, upaya peningkatan penjualan juga dilakukan oleh Agen Pemegang Merek (APM). Beberapa strategi dilakukan, baik dengan memberi diskon harga, penyediaan paket asuransi, dan kemudahan pembiayaan.
Sebagai informasi, Gaikindo Jakarta Auto Week akan menjadi ajang memperkenalkan produk mobil baru. Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran Gaikindo Rizwan Alamsjah mengatakan pameran ini merupakan pameran yang sangat berbeda konsep dengan GIIAS The Series.
GIIAS fokus mengedepankan ajang peluncuran produk dan teknologi terbaru dari industri otomotif. "Sedangkan Gaikindo Jakarta Auto Week bertujuan untuk menggenjot penjualan mobil existing product dan mobil baru, ” ujar dia.
Selama sembilan hari pameran diharapkan dapat menarik 250 ribu pengunjung. Pelaksanaan pameran akan disesuaikan dengan pembatasan sosial dan protokol kesehatan Covid-19.
Menurut Rizwan berbagai program telah direncanakan untuk mendongkrak penjualan yang terjadi selama pameran, mulai dari cashback, promo bundling, hingga live auction.