Okupansi Perhotelan Naik 40% Selama Cuti Bersama dan Libur Panjang

Image title
3 November 2020, 07:00
Perhotelan, Okupansi, Pandemi Corona, Covid-19, Pariwisata, Wisata, Cuti Bersama.
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Petugas menyiapkan fasilitas ruangan bagi isolasi Mandiri di salah satu hotel Oyo Townhouse Kawasan Jakarta Pusat, Jumat (18/9/2020).

Libur panjang dan cuti bersama akhir Oktober lalu akhirnya memberi angin segar bagi pelaku usaha perhotelan dan restoran. Okupansi atau tingkat keterisian hotel meningkat 30-40% dibandingkan periode hari biasa selama pandemi.   

Wakil Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Maulana Yusran mengatakan, meski meningkat, tingkat keterisian hotel belum pulih seperti kondisi normal sebelum pandemi. Kenaikan okupansi juga hanya terjadi di hotel di wilayah tertentu yang dekat dengan objek wisata. 

Oleh sebab itu, pengusaha hotel hanya bisa mengandalkan momen liburan guna meningkatkan pendapatan maupun jumlah pengunjung.

“Jika perekonomian bergerak, pasti akan mendongrak bisnis hotel. Tapi kalau ekonomi belum membaik, tentu tidak banyak dari masyarakat yang berwisata karena itu merupakan kebutuhan premier, bukan sekunder,” ujar Maulana kepada katadata.co.id (2/11).

Kenaikan okupansi rupanya belum bisa menutupi kerugian hotel selama  pandemi corona. Sebab, kenaikan okupansi tidak diiringi dengan tarif hotel yang justru lebih rendah 20% - 30% dibanding sebelumnya. 

Omzet yang diperoleh selama libur pun belum bisa menutup kerugian selama sebulan yang jika ditotal penurunannya bisa sampai 50%. "Kenaikan okupansi di waktu liburan ini hanya perbaikan angka, karena momennya pas,” kata dia.

TINGKAT HUNIAN HOTEL TURUN
TINGKAT HUNIAN HOTEL TURUN (ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/wsj.)

Yusran pun belum bisa memprediksi kapan industri hotel akan pulih. Terlebih kawasan wisata hingga kini masih ada yang terdampak.

Alhasil, dengan pelemahan daya beli masyarakat sejak pembatasan sosial berskala besar (PSBB) hingga saat ini, dia belum bisa memastikan apakah hotel akan kembali dibanjiri pengunjung libur panjang Desember mendatang. 

Halaman:
Reporter: Annisa Rizky Fadila
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...