Microsoft Word Perkenalkan Fitur Transkrip Suara

Perusahaan menggunakan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) Azure untuk mengenali perintah suara dengan akurasi 99,99%.
Image title
31 Agustus 2020, 10:33
Microsoft Word Perkenalkan Fitur Transkrip Suara.
123RF.com
Ilustrasi logi Microsoft. Raksasa teknologi asal Amerika Serikat (AS) Microsoft meluncurkan fitur transkripsi suara pada perangkat lunak (software) Microsoft Word.

Raksasa teknologi asal Amerika Serikat (AS) Microsoft meluncurkan fitur transkripsi suara pada perangkat lunak (software) Microsoft Word. Perusahaan menggunakan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) Azure untuk mengenali perintah suara dengan akurasi 99,99%.

Fitur baru itu memungkinkan pengguna mentranskripsikan audio secara real time melalui Azure. Alhasil, pengguna dapat mengunggah berbagai file audio untuk ditranskripsikan di Microsoft Word atau merekam percakapan langsung ke Word yang akan langsung ditranskripsikan. 

"Entitas bisnis bisa menggunakan ini sebagai cara untuk mendikte memo, menulis proposal, dan bahkan membuat posting blog perusahaan mereka dengan cara yang jauh lebih cepat," tulis Forbes dalam laporannya, Minggu (30/8). 

Ketika pengguna merekam suara dan masuk ke fitur tersebut, teknologi AI dari Microsoft akan bekerja dengan memisahkan setiap satuan suara dan memecah percakapan menjadi beberapa bagian terpisah. Fitur kemudian bisa mengedit dan memasukannya ke dalam teks di dokumen Microsoft Word pengguna. 

"Akurasi hingga 99,99% dan memungkinkan pengguna untuk beralih ke dokumen yang ada," tulis laporan tersebut.

Mengutip dari The Verge, pengguna yang telah menguji coba fitur itu untuk merekam rapat hanya butuh beberapa detik sampai proses transkrip selesai dilakukan.

Fitur ini tidak hanya bisa menampung transkrip dari file audio saja, tapi juga video. Kapasitas file yang bisa ditranskrip hingga hingga 200 MB dengan berbagai format, mulai dari MP3, WAV, M4A atau Mp4.

Tidak hanya untuk entitas bisnis, Microsoft rencananya meluncurkan fitur transkripsi untuk jurnalis yang melakukan proses wawancara hingga mahasiswa dalam merekam berbagai kegiatan perkuliahan. 

Namun, saat ini fitur ini hanya tersedia terbatas pada platform online Word. Pada jangka panjang, perusahaan akan meluncurkan fitur tersebut ke platform offline yang sudah diunduh dan ditempatkan di berbagai sistem operasi. 

Selain itu, ke depan, perusahaan akan memperbanyak cakupan bahasa yang bisa ditranskrip hingga memudahkan semua pengguna dari yang baru tersedia saat ini dalam transkip bahasa Inggris. 

Microsoft saat ini merupakan perusahaan teknologi terbesar di AS. Sistem operasi perusahaan, yakni Windows mendominasi perangkat yang dipakai pengguna sepanjang 2019. Windows 10 menduduki peringkat pertama dengan 47,7% pengguna di seluruh dunia. Tepat di bawahnya, Windows 7 menyusul dengan 32,7% pengguna.

 

 

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Editor: Ekarina

Video Pilihan

Artikel Terkait