Indonesia Investment Authority Incar Peluang Investasi Karbon

Rezza Aji Pratama
9 Agustus 2023, 14:57
INA
INA

Indonesia Investment Authority (INA) mengincar peluang investasi karbon di sektor nature-based solution dengan menjalin kolaborasi bersama Pollination.

INA dan Pollination–firma investasi dan konsultasi global–menjalin kesepakatan di sektor nature-based solutions (NBS) dengan fokus utama penyerapan karbon, keanekaragaman hayati dan mendorong pertumbuhan sosial-ekonomi. Ridha Wirakusumah, Ketua Dewan Direktur INA, mengatakan Indonesia memiliki potensi NBS terbesar kedua di dunia yang mencakup 75% stok karbon di Asia Tenggara.

Ridha melanjutkan INA fokus di sektor energi bersih yang krusial dalam transisi hijau di Indonesia. Strategi pengurangan karbon melalui NBS dilakukan lewat kegiatan konservasi, peningkatan pengelolaan lahan, dan kegiatan restorasi untuk meningkatkan penyimpanan karbon.

“Kami melihat jalur yang konkret untuk menghasilkan kredit karbon yang signifikan dan mendorong investasi berbasis alam,” katanya, Rabu (9/8).

Martijn Wilder, CEO Pollination, mengatakan memanfaatkan peluang NBS penting untuk mencapai emisi nol bersih. Ia optimistis Indonesia bisa menginisiasi untuk menyelenggarakan proyek-proyek berkualitas tinggi yang dicari oleh investor global.

Halaman:
Reporter: Rezza Aji Pratama
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...