Indonesia Sukses Turunkan Emisi Karbon 118 Juta Ton Hingga Juli 2023

Nadya Zahira
14 Agustus 2023, 16:18
emisi karbon, gas rumah kaca,
123RF
Ilustrasi emisi karbon.

Kementerian ESDM melaporkan bahwa sepanjang tahun ini, hingga Juli 2023, Indonesia berhasil menurunkan emisi karbon dan gas rumah kaca hingga 118 juta ton. Capaian tersebut 32,9% dari target penurunan emisi tahun ini sebesar 358 juta ton.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Yudo Dwinanda Priaadi mengatakan, Kementerian ESDM bersama para stakeholder telah melakukan berbagai program dalam upaya menurunkan emisi gas rumah kaca, salah satunya pemanfaatan tenaga surya yang potensinya besar di Indonesia.

Advertisement

“Kita punya target menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 358 juta ton pada 2023, ke depan upaya kita ini tentunya bersama akan semakin mengurangi emisi karbon,” ujar Yudo dalam acara Forum Sinergi BUMN-Swasta, Jakarta, Senin (14/8).

Dia menambahkan bahwa ke depannya Kementerian ESDM juga akan semakin mementingkan transisi energi yaitu, penggunaan dari fosil menuju energi baru terbarukan (EBT) salah satunya seperti penggunaan kendaraan listrik yang sedang dorong oleh pemerintah.

Selain itu pemerintah juga tengah mendorong penggunaan listrik pada rumah tangga seperti kompor listrik dan elektrifikasi pertanian. “Kita juga akan scaling up EBT dan akan terus didorong baik off grid yang tidak terhubung dengan jaringan, maupun on grid yang terhubung dengan jaringan atau dengan bahan bakar nabati,“ ujarnya.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement