Perubahan Iklim Jadi Penyebab Meningkatnya Turbulensi Penerbangan
Menteri Transportasi Amerika Serikat (AS) Pete Buttigieg mengatakan perubahan iklim adalah salah satu penyebab di balik peningkatan turbulensi penerbangan. Perubahan iklim membuat badai semakin ekstrem dan turbulensi naik sekitar 15%.
"Kenyataannya, dampak perubahan iklim sudah ada di depan mata dalam hal transportasi kita," kata Buttigieg dalam acara "Face the Nation" di CBS pada hari Minggu (26/5). Ia memperkirakan bahwa turbulensi adalah sesuatu yang akan terus memengaruhi para pelancong AS, di dalam negeri maupun di luar negeri.
Perubahan iklim menyebabkan gelombang panas, musim badai yang semakin ekstrem, dan kenaikan turbulensi sekitar 15%. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Geophysical Research Letters tahun lalu menemukan bahwa telah terjadi peningkatan turbulensi udara jernih (clear-air turbulence, CAT) antara tahun 1979 dan 2020. Turbulensi yang parah atau-lebih besar, dengan kategori terkuat CAT menjadi 55% lebih sering terjadi di Atlantik Utara selama periode waktu tersebut.
"Iklim kita terus berevolusi. Kebijakan dan teknologi serta infrastruktur kami juga harus berevolusi," kata Buttigieg, seperti dikutip CNBC.
Komentar Buttigieg muncul ketika turbulensi mendatangkan malapetaka pada sejumlah penerbangan sepanjang tahun ini. Pada Minggu (26/5), 12 orang terluka setelah penerbangan Qatar Airways dari Doha ke Dublin mengalami turbulensi saat terbang di atas Turki. Enam penumpang dan enam awak pesawat terluka, delapan di antaranya dibawa ke rumah sakit setelah dilakukan pemeriksaan.
Pesawat mendarat tepat sebelum pukul 13.00 waktu setempat dan disambut oleh layanan darurat - termasuk polisi bandara dan pemadam kebakaran dan penyelamatan - saat mendarat, kata pihak bandara dalam sebuah posting terpisah di X.
Turbulensi yang parah juga melanda penerbangan Singapore Airlines minggu lalu, mengakibatkan kematian satu orang dan menyebabkan 30 orang lainnya terluka. Meskipun Buttigieg menyebut turbulensi mematikan dalam penerbangan Singapore Airlines tersebut sangat jarang terjadi, ia menambahkan bahwa turbulensi dapat terjadi dan terkadang dapat terjadi secara tidak terduga.
Menurutnya, saat ini sudah ada protokol dan pola-pola bagi pilot untuk mengetahui potensi turbulensi atau menghindari jalur tersebut. "Namun, saya pikir kita perlu terus mengevaluasi kembali hal tersebut dalam menghadapi kenyataan bahwa hal-hal ini lebih sering terjadi dan lebih parah daripada sebelumnya," ujarnya.
Kesadaran terhadap Kualitas Keselamatan Meningkat
Boeing mengungkapkan bahwa mereka telah melihat peningkatan 500% dalam jumlah pengajuan karyawan tentang masalah kualitas dan keselamatan selama dua bulan pertama tahun 2024 dibandingkan dengan periode yang sama setahun yang lalu.
Raksasa kedirgantaraan ini mencatat bahwa peningkatan pengajuan tersebut terjadi setelah bagian dari pesawat Alaska Airlines 737 Max 9 meledak di tengah penerbangan pada tanggal 5 Januari. Perusahaan mengatakan bahwa peningkatan ini adalah tanda kemajuan menuju budaya pelaporan yang kuat.
Ketika ditanya tentang temuan Boeing, Buttigieg mendukung klaim tersebut, dengan mengatakan bahwa hal ini merupakan hal yang menggembirakan. "Kami ingin Anda tidak melakukan kesalahan dalam pelaporan," katanya.
Para pemimpin Boeing akan bertemu dengan Administrasi Penerbangan Federal, pada Kamis (30/5), untuk mempresentasikan rencananya dalam meningkatkan kontrol kualitas. Badan ini mengumumkan pada akhir Februari bahwa mereka memberi waktu 90 hari kepada perusahaan untuk mengembangkan rencana tersebut.