MiiR Buka Gerai Pertama di Indonesia, Usung Produk Ramah Lingkungan
MiiR, produk peralatan minum asal Amerika Serikat (AS), membuka gerai pertamanya di Indonesia, tepatnya di Pondok Indah Mall 1, Jakarta Selatan, pada Minggu (3/11). MiiR mengusung produk ramah lingkungan dengan penggunaan baja antikarat (stainless steel) hasil daur ulang hingga 90%.
Pada hari pertama pembukaan gerainya, MiiR memberikan promo buy 1 get 1 untuk 100 pembeli pertama. Berdasarkan pantauan Katadata Green, puluhan orang terlihat mengantre sejak pukul 13.00 WIB di dekat gerai MiiR yang berada di depan gerai Uniqlo di lantai 2 PIM 1. Menjelang pukul 14.30 WIB, kuota 100 pembeli pertama yang berhak untuk mendapatkan promo buy 1 get 1 sudah terpenuhi.
Harga produk MiiR bervariasi, mulai dari Rp 400 ribu hingga Rp 800 ribuan. Produk MiiR semakin populer karena kolaborasi dengan beberapa merek dan selebritas global. Salah satunya untuk official merchandise Coldplay Music of the Spheres World Tour.
Bryan Pape, Founder of MiiR, mengatakan ia sangat gembira dengan antusiasme konsumen di Indonesia yang telah mengantre untuk mendapatkan produknya. Sebelum membuka gerai di Indonesia, MiiR sudah memiliki gerai di Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Thailand, Singapura, Malaysia, dan Australia untuk wilayah Asia Pasifik. MiiR juga memiliki beberapa gerai di Kanada dan beberapa di wilayah EMEA (Eropa, Timur Tengah, dan Afrika).
Pape mengatakan tantangan terbesar untuk membuka gerai di Indonesia adalah mendapatkan mitra yang cocok. Lewat gerai MiiR, ia ingin memperkenalkan prinsip reusability di Indonesia.
"Kami merasa reuseability adalah hal yang penting di dunia pada saat ini dan kami mendorong masyarakat untuk menggunakan barang-barang yang bisa dipakai kembali. Kami juga memiliki program untuk memberikan sebagian dari penjualan kami kepada organisasi nirlaba, kami punya beberapa mitra di Jakarta dan di lokasi-lokasi lainnya di Indonesia," ujar Bryan Pape.
Pada peresmian gerai pertama ini, MiiR membawa beberapa produk baru dan warna baru. "Produk All Day Straw Cup kami sangat populer. Kami tahu Jakarta sangat panas, jadi orang Indonesia bisa membawa-bawa botol atau straw cup dan mengisinya dengan air es, itu akan bertahan seharian," kata Pape.
Ia menyebut produk-produknya berasal dari bahan baku yang berkelanjutan, mulai dari plastik hingga baja antikarat (stainless steel) yang digunakan. Ia mengklaim produk MiiR didesain untuk bertahan dalam waktu yang lama.
"Kami juga punya program Re:Claim di mana produk-produk lama kami kumpulkan kembali untuk didaur ulang," kata Pape. Menurut informasi di situs perusahaan, konsumen bisa membawa produk MiiR yang penyok, pecah, atau koyak untuk didaur ulang dan mereka akan mendapatkan diskon senilai US$20 (Rp 317 ribu) untuk pembelanjaan di toko online MiiR.
Setelah membuka gerai di Indonesia, MiiR berencana melakukan kolaborasi dengan sejumlah merek, seperti Starbucks Indonesia. Pape mengatakan sudah ada beberapa kafe yang menggunakan produknya. Ia juga berencana melakukan kolaborasi dengan beberapa pusat retail (retail spaces) untuk mempromosikan produk MiiR.
*Catatan editor: Katadata Green adalah media partner untuk MiiR di Indonesia