IESR: Pembagian Rice Cooker Bisa Kurangi Penggunaan Energi Kotor

Nadya Zahira
9 Oktober 2023, 15:53
Ilustrasi rice cooker
Instagram
Ilustrasi rice cooker

Pemerintah berencana membagikan rice cooker gratis kepada masyarakat guna mendorong adanya pemanfaatan energi bersih di seluruh sektor industri. Rencana tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri ESDM No 11 Tahun 2023 tentang Penyediaan Alat Memasak Berbasis Listrik ke Rumah Tangga. 

Executive Director Institute for Essential Service Reform (IESR) Fabby Tumiwa menilai rencana tersebut efektif mengurangi energi kotor karena masih banyak beberapa masyarakat daerah memasak nasi menggunakan kayu bakar, atau menggunakan kompor gas dari Liquified Petroleum Gas (LPG) sehingga menghasilkan emisi karbon yang cukup banyak. 

Advertisement

“Kalau pakai rice cooker kan (energinya) dari listrik, harusnya di beberapa daerah yang ada listrik energi terbarukan sehingga intensitas emisi dari gridnya lebih rendah,” ujar Fabby kepada wartawan saat ditemui di Jakarta, Senin (9/10). 

Namun, efektivitas penggunaan rice cooker untuk mengurangi energi kotor tergantung pada tiga hal berikut ini:

1. Seberapa lama masyarakat menggunakan rice cooker. Pasalnya, semakin lama penggunaannya, konsumsi listrik yang dihasilkan juga akan lebih banyak.

2. Aktivitas memasak, apakah penggunanya hanya memasak nasi atau memasak makanan lainnya. Jika masyarakat bisa memasak apapun menggunakan rice cooker maka bisa mensubtitusi atau menggantikan penggunaan LPG. 

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement