ITS Asia Pacific 2024 Akan Tampilkan Taksi Terbang dan Bus Tanpa Awak

Hari Widowati
7 Februari 2024, 18:07
Ilustrasi ITS Asia Pacific 2024
123RF.com/altitudevisual
ITS Asia Pacific 2024 akan menampilkan berbagai teknologi terbaru, termasuk taksi terbang, bus nirawak, dan moda transportasi cerdas lainnya.

Indonesia akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan 19th Intelligent Transport System (ITS) Asia-Pacific Forum yang akan berlangsung pada 28-30 Mei mendatang. ITS Asia Pacific 2024 yang menjadi ajang bertemunya pakar industri untuk mencari solusi berbagai masalah transportasi itu akan menampilkan berbagai teknologi terbaru, termasuk taksi terbang, bus nirawak, dan moda transportasi cerdas lainnya.

William Sabandar, Presiden ITS Indonesia, mengatakan ITS Asia Pacific Forum 2024 akan mengangkat tema Transformasi Menuju Mobilitas Perkotaan yang Berkelanjutan dan Cerdas. Forum tersebut akan dihadiri oleh 15 menteri transportasi dari negara-negara Asia, Pasifik, Eropa, hingga Amerika Serikat (AS). Banyak isu transportasi yang akan didiskusikan bersama di forum tersebut, termasuk soal polusi, kemacetan, dan transit oriented development (TOD).

Advertisement

"Pengembangan ITS di Indonesia bukan hanya kebutuhan tetapi prioritas mendesak. Kami berkomitmen untuk mempercepat upaya dalam mengintegrasikan teknologi transportasi cerdas yang dapat mengatasi tantangan transportasi bersama dengan pemerintah," ujar William, dalam konferensi pers, di Jakarta, pada Rabu (7/2).

Dari hasil pertemuan para menteri di ITS APF 2024 ini diharapkan akan dihasilkan Jakarta Declaration (Deklarasi Jakarta). Deklarasi tersebut merupakan komitmen seluruh masyarakat transportasi dunia untuk menyediakan sistem transportasi yang cerdas, efisien, berkelanjutan, dan dapat diakes oleh seluruh lapisan masyarakat.

Hal ini akan mendorong terus perkembangan sistem transportasi cerdas di Indonesia, seperti hadirnya kereta cepat Jakarta-Surabaya, LRT di Bali, dan perubahan orientasi masyarakat dari pengguna kendaraan pribadi menjadi pengguna transportasi publik.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement