Gesits Bidik Penjualan 20 Ribu Motor Listrik pada 2024
Produsen motor listrik PT Gesits Motor Nusantara menargetkan penjualan kendaraan motor listrik mencapai 20 ribu unit pada 2024. Target penjualan tersebut meningkat delapan kali lipat dibandingkan dengan realisasi penjualan motor listrik perusahaan pada 2023 sebanyak 2.500 unit.
"Kami punya target yang cukup agresif, tetapi melihat demand-nya juga. Kalau jadi, kurang lebih 15.000 sampai 20.000 unit, itu sudah harus untuk tahun ini," kata Direktur Utama Gesits Motor Nusantara Bernardi Djumiril, di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (18/2).
Menurut Bernardi, target tersebut bukannya tanpa alasan. Pada tahun ini edukasi mengenai motor listrik sudah cukup baik. Pembangunan fasilitas pengisian daya untuk kendaraan listrik juga semakin banyak.
"Dengan passion masyarakat, ekosistemnya yang semakin banyak. Charging, swapping, yang tersebar luas, menjadikan pemilik kendaraan EV tidak lagi was-was," ujarnya.
Meski demikian, tantangan untuk menyuburkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia cukup berat. Selain menumbuhkan ekosistem, pemerintah dan produsen juga harus meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kendaraan listrik.
"Jadi ekosistemnya harus disiapkan secara matang. Itu yang jadi tantangan," kata Bernardi.
GESITS melakukan berbagai upaya untuk menciptakan ekosistem tersebut. Salah satunya dengan cara memperkaya kolaborasi antar-stakeholder seperti yang dilakukan GESITS dan Timnas Sepakbola Indonesia dengan meluncurkan Gesits Garuda.
Gesits Garuda yang diluncurkan di Pameran Indonesia International Motor Show atau IIMS 2024 ini hanya diproduksi 100 unit. "Ini adalah kolaborasi yang pertama. Mudah-mudahan masyarakat, khususnya pecinta sepakbola bisa menikmati motor GESITS ini," ujarnya.