Marketing adalah Aktivitas Memasarkan Produk, Ini Penjelasannya

Siti Nur Aeni
24 Juni 2022, 08:37
Marketing adalah Pemasaran Produk atau Jasa, Ini Penjelasan Lengkapnya
pixabay.com
Ilustrasi strategi marketing

Kita pasti sudah tidak asing dengan istilah marketing. Dalam sebuah perusahaan marketing menjadi perhatian khusus karena berhubungan langsung dengan profil perusahaan. Secara singkat marketing adalah proses pengenalan produk atau jasa kepada konsumen.

Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas seputar marketing atau pemasaran mulai dari definisi hingga strategi digital marketing. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap, simak penjelasan berikut ini.

Apa Itu Marketing?

Menurut penjelasan di buku Manajemen Pemasaran, marketing atau pemasaran adalah aktivitas yang tujuannya untuk mengidentifikasi dan menemukan kebutuhan manusia. Ringkasnya, pemasaran ini diartikan sebagai meeting needs profitably yakni strategi perusahaan untuk melayani kebutuhan konsumen dengan cara yang menguntungkan perusahaan dan konsumen tersebut.

Misalnya, saat ini konsumen banyak menghabiskan waktu di rumah karena pandemi. Maka perusahaan berupaya menghadirkan layanan delivery untuk memenuhi kebutuhan konsumennya.

Pengertian marketing juga telah sering diulas oleh para ahli. Berikut ini definisi tentang pemasaran menurut para ahli.

1. William J. Stanton (2001)

Marketing adalah sistem keseluruhan dari beragam kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga barang atau jasa, mempromosikan, mendistribusikan, dan memuaskan konsumen.

2. Kotler and Amstrong (2009)

Pemasaran adalah proses managerial yang orang-orang didalamnya memperoleh hal yang diinginkan lewat penciptaan atau pertukaran produk yang ditawarkan dan nilai produknya kepada orang lain.

3. American Marketing Association

Marketing adalah aktivitas organisasi, serangkaian elemen dan proses menciptakan, mengomunikasikan, mengantarkan, bertukar penawaran, yang memberikan nilai untuk pelanggan, klien, dan masyarakat.

Pentingnya Marketing dalam Perusahaan

Dalam buku Manajemen Pemasaran disebutkan bahwa marketing merupakan ujung tombak perusahaan. Hal tersebut dikarenakan marketing berperan penting dalam meningkatkan pendapatan yang stabil dan berkelanjutan, serta menjaga loyalitas pelanggan.

Sebuah produk atau jasa yang berkualitas tidak akan ada artinya jika tidak dibarengi dengan strategi pemasaran yang tepat. Dari proses pemasaran yang tepat, perusahaan akan mendapatkan laba dan konsumen yang loyal.

Tak hanya itu, marketing juga berperan untuk menghasilkan aset tak berwujud yaitu melalui kepemilikan brand yang kuat. Dengan brand tersebut, maka perusahaan bisa memperoleh pertumbuhan pendapatan dan loyalitas dari pelanggan.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...