Marketing adalah Aktivitas Memasarkan Produk, Ini Penjelasannya
Kita pasti sudah tidak asing dengan istilah marketing. Dalam sebuah perusahaan marketing menjadi perhatian khusus karena berhubungan langsung dengan profil perusahaan. Secara singkat marketing adalah proses pengenalan produk atau jasa kepada konsumen.
Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas seputar marketing atau pemasaran mulai dari definisi hingga strategi digital marketing. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap, simak penjelasan berikut ini.
Apa Itu Marketing?
Menurut penjelasan di buku Manajemen Pemasaran, marketing atau pemasaran adalah aktivitas yang tujuannya untuk mengidentifikasi dan menemukan kebutuhan manusia. Ringkasnya, pemasaran ini diartikan sebagai meeting needs profitably yakni strategi perusahaan untuk melayani kebutuhan konsumen dengan cara yang menguntungkan perusahaan dan konsumen tersebut.
Misalnya, saat ini konsumen banyak menghabiskan waktu di rumah karena pandemi. Maka perusahaan berupaya menghadirkan layanan delivery untuk memenuhi kebutuhan konsumennya.
Pengertian marketing juga telah sering diulas oleh para ahli. Berikut ini definisi tentang pemasaran menurut para ahli.
1. William J. Stanton (2001)
Marketing adalah sistem keseluruhan dari beragam kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga barang atau jasa, mempromosikan, mendistribusikan, dan memuaskan konsumen.
2. Kotler and Amstrong (2009)
Pemasaran adalah proses managerial yang orang-orang didalamnya memperoleh hal yang diinginkan lewat penciptaan atau pertukaran produk yang ditawarkan dan nilai produknya kepada orang lain.
3. American Marketing Association
Marketing adalah aktivitas organisasi, serangkaian elemen dan proses menciptakan, mengomunikasikan, mengantarkan, bertukar penawaran, yang memberikan nilai untuk pelanggan, klien, dan masyarakat.
Pentingnya Marketing dalam Perusahaan
Dalam buku Manajemen Pemasaran disebutkan bahwa marketing merupakan ujung tombak perusahaan. Hal tersebut dikarenakan marketing berperan penting dalam meningkatkan pendapatan yang stabil dan berkelanjutan, serta menjaga loyalitas pelanggan.
Sebuah produk atau jasa yang berkualitas tidak akan ada artinya jika tidak dibarengi dengan strategi pemasaran yang tepat. Dari proses pemasaran yang tepat, perusahaan akan mendapatkan laba dan konsumen yang loyal.
Tak hanya itu, marketing juga berperan untuk menghasilkan aset tak berwujud yaitu melalui kepemilikan brand yang kuat. Dengan brand tersebut, maka perusahaan bisa memperoleh pertumbuhan pendapatan dan loyalitas dari pelanggan.
Strategi Digital Marketing
Di era digital seperti saat ini, strategi pemasaran banyak beralih ke pemasaran digital atau digital marketing. Hal ini dilakukan demi kemudahan dalam mengenalkan dan menawarkan produk ke konsumen.
Ada beberapa jenis digital marketing yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Berikut penjelasan lengkapnya.
1. Search Engine Optimization
Search Engine Optimization atau SEO merupakan salah satu jenis pemasaran digital yang populer. Pemasaran model ini dilakukan dengan cara mengoptimalkan performa website agar produk atau jasa yang ditawarkan muncul dalam mesin pencari di internet.
Dengan adanya SEO, maka produk atau jasa bisa sampai ke calon pembeli yang spesifik. Tak hanya itu, SEO juga bisa mendatangkan pelanggan yang sifatnya organik. Walaupun demikian, strategi digital marketing ini memerlukan waktu karena optimasi di mesin pencari juga tidak bisa dilakukan dalam waktu sekejap.
2. Search Engine Marketing
Selain SEO atau juga istilah Search Engine Marketing atau SEM. Fungsi dari SEM ini yaitu membuat produk atau jasa yang ditawarkan berada di posisi pertama dalam mesin pencari. Tak hanya itu, strategi digital marketing ini juga bisa memaksimalkan konsumen dengan cara pay per click.
3. Media Sosial
Tak perlu diragukan lagi, popularitas media sosial kini semakin meroket. Jenisnya pun sangat beragam. Semua media sosial sejatinya bisa digunakan untuk memasarkan produk atau jasa. Hanya saja segmentasi pasar dari setiap sosial media akan berbeda.
Jika Anda menargetkan pasar dari kalangan orang tua, sosial media seperti Facebook mungkin bisa dipilih. Sementara itu, untuk remaja hingga anak-anak Instagram dan TikTok dinilai lebih efektif dan efisien untuk menjaring pelanggan dari kalangan ini.
Maka dari itu, seorang digital marketer harus paham kondisi pasar dan target konsumen yang mereka inginkan. Tak hanya itu, dalam sosial media juga perlu memperhatikan konten yang ditampilkan. Konten inilah yang nantinya bisa menarik perhatian banyak pengguna sosial media untuk mampir ke toko online Anda.
4. Email Marketing
Selain sosial media, email juga bisa digunakan untuk menawarkan produk. Email marketing merupakan strategi digital marketing yang dilakukan dengan cara mengirimkan email kepada pelanggan.
Strategi ini tak hanya mengirim email atau surat elektronik biasa. Namun membuat pesan yang disampaikan menarik perhatian penerimanya sehingga mereka bisa klik bagian promosi dalam email tersebut.
Itulah penjelasan seputar marketing hingga strategi digital marketing yang dapat diterapkan. Dari sini kita bisa mengetahui bahwa marketing adalah upaya mengenalkan produk atau jasa yang kita miliki. Caranya cukup beragam dan bisa disesuaikan dengan target pasar yang dituju.