Memahami Apa Itu SKU dan Manfaatnya dalam Penjualan

Annisa Fianni Sisma
26 Oktober 2022, 13:16
APA ITU SKU
PEXEL
Ilustrasi penjualan

Bagi pengusaha yang bergerak di bidang retail pasti tidak asing dengan istilah SKU. Keberadaan SKU ini sangat membantu segala proses perdagangan atau penjualan, dan tracking barang yang dijual.

SKU memiliki kepanjangan dari stock keeping unit. Istilah ini berkaitan dengan penjualan retail suatu produk. SKU digunakan sebagai penanda setiap barang. Untuk mengetahui apa itu SKU lebih lengkap, berikut ini penjelasannya dilansir dari thebalancemoney.com.

Advertisement

SKU adalah kode unik berupa alfanumerik itu hadir sebagai penanda setiap barang yang akan dijual. Barang-barang tersebut biasanya untuk bisnis eceran atau retail. Berbeda dengan barcode yang merupakan garis panjang tipis dan tebal yang biasanya di-scan saat akan melakukan pembayaran, SKU biasanya tak begitu terlihat atau tertera di atas barcode.

SKU dibuat oleh perusahaan retail yang menjual produk tersebut. Fungsinya adalah untuk mengkategorikan produknya agar rapi. SKU ini juga turut mempermudah proses pencarian, stok, daftar pesanan, invoice, dan lain sebagainya. Biasanya, hanya pihak penjual yang mengetahui kode SKU tersebut. Artinya, kode ini tidak bersifat universal.

Cara Kerja dan Contoh SKU

SKU berfungsi untuk membedakan satu produk dengan lainnya. Setelah mengetahui apa itu SKU dan menerapkannya, penjual akan dapat dengan mudah mengetahui apakah jenis, model, merek, warna, ukuran, besar suatu produk masih tersedia atau tidak.

Kode ini biasanya diakses melalui komputer yang sebelumnya sudah dicek dan diinput data berupa jumlah, model, jenis, merek, besar, ukuran, warna, dan lain sebagainya. Pembeli pun dapat dengan mudah mengetahui sebuah produk masih tersedia atau tidak.

Misalnya, seorang penjual baju menautkan kode A1 untuk baju dengan warna merah hitam, kuning. Namun untuk membedakan masing-masing ukurannya, kode A1 akan berderet dengan kode B1, B2, B3, B4 dan seterusnya.

B1 menandakan ukuran S, B2 ukuran M, B3 ukuran XL, dan lain sebagainya. Kemudian pada sebuah tabel terlihat berapa jumlah pakaian dengan kode A1 B3 tersedia. Penjual pun dapat dengan mudah menyediakan pakaian yang dicari oleh pelanggan.

Perbedaan SKU dengan UPC

UPC adalah Universal Product Codes. Terkadang orang lain susah membedakan apa itu UPC dan SKU. Perbedaan utama dari keduanya adalah yang satu merupakan kode universal dan satunya lagi adalah kode internal.

UPC bersifat universal. Kode unik ini mempermudah proses scanning produk apapun itu dan dimanapun itu. SKU hanya berlaku internal perusahaan saja untuk mengetahui jumlah stok yang tersedia.

Manfaat SKU

Setelah mengetahui penjelasan terkait apa itu SKU dan berbagai perbedaan serta penggunaannya, ternyata SKU juga memiliki beragam manfaat lainnya. Berikut ini manfaat SKU selengkapnya.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement