Low Tuck Kwong Jadi Orang Terkaya di RI, Kalahkan Pemilik Djarum

Syahrizal Sidik
25 Desember 2022, 21:53
Low Tuck Kwong Jadi Orang Terkaya di RI, Kalahkan Pemilik Djarum
Laporan Keuangan Bayan Resources
Pemilik Bayan Resources Low Tuck Kwong

Konglomerat dan pemilik perusahaan tambang batu bara PT Bayan Resources Tbk (BYAN), Dato' Low Tuck Kwong, berada di urutan teratas orang terkaya di Indonesia menurut Forbes.

Merujuk data The Real-Time Billionaire, pada Minggu (25/12), kekayaan bersihnya tercatat senilai US$ 25,2 miliar atau setara Rp 392,69 triliun dengan rerata kurs Rp 15.582 per US$.

Advertisement

Nilai ini lebih tinggi dari kekayaan R. Budi Hartono, pemilik Grup Djarum, dengan kekayaan US$ 22,21 miliar (Rp 346,09 triliun). Sedangkan, Michael Hartono tercatat memiliki kekayaan US$ 21,3 miliar (Rp 331,91 triliun).

Sebelumnya, pendiri Bayan Resources ini menjadi orang terkaya kedua di Indonesia versi Majalah Forbes, menggeser posisi konglomerat pemilik Grup Sinar Mas, Widjaja bersaudara. Kekayaan Low Tuck Kwong ditaksir mencapai US$ 12,1 miliar atau setara Rp 188,55 triliun.

Nilai ini meningkat signifikan dari tahun lalu yang nilai kekayaan bersihnya mencapai US$ 2,55 miliar dan menduduki peringkat ke-18 orang terkaya di Indonesia.

Low Tuck Kwong dikenal sebagai raja batu bara, pria kelahiran Singapura ini merupakan perusahaan pertambangan batu bara di Indonesia, Bayan Resources.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement