Nadiem Akui Sulitnya Belajar Jarak Jauh Saat Pandemi Corona

Rizky Alika
6 Mei 2020, 18:50
pendidikan, nadiem makarim, pandemi corona, covid-19, virus corona
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (28/1/2020). Nadiem menyebut belajar jarak jauh sulit diterapkan saat pandemi corona.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menyebut sistem belajar jarak jauh sulit diterapkan saat pandemi corona. Sebab, banyak kendala yang terjadi dalam proses belajar mengajar.

Salah satu kendalanya yaitu akses internet dan listrik yang tidak merata hingga ke daerah. Padahal, konektivitas penting untuk mencapai pemerataan pendidikan.

Selain itu, terdapat kendala sumber daya manusia terutama di daerah terdepan, terluar, tertinggal (3T). Padahal, SDM sangat berpengaruh terhadap kualitas pendidikan.

"Bahkan di kota-kota pun banyak yang masih tertinggal," ujar Nadiem dalam Konferensi Akademi Edukreator di Youtube Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Rabu (6/5).

Biarpun begitu, Nadiem menilai kendala tersebut bisa menjadi umpan balik bagi kementerian, dinas, dan sekolah untuk membuat sistem belajar secara online.

Mantan CEO Gojek tersebut mengajak berbagai lembaga dan lintas kementerian untuk berkolaborasi membangun sistem pendidikan. Apalagi, pendidikan menjadi prioritas pada masa pandemi ini.

(Baca: Hari Pendidikan Nasional, Nadiem: Banyak Pelajaran dari Covid-19)

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...