Sempat Tertunda, Tol Semarang - Demak Resmi Dibangun

Agatha Olivia Victoria
23 September 2019, 22:36
Jalan tol
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
ILustrasi, pembangunan jalan tol. Pembangunan jalan tol Semarang - Demak akhirnya dimulai.

Menteri Perencanaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menandatangani perjanjian pembangunan pemgusahaan jalan tol Semarang - Demak. Dengan perjanjian tersebut, pembangunan proyek tol Semarang-Demak dimulai.

Perjanjian juga turut ditandatangani oleh PT Pembangunan Perumahan Semarang Demak dan PT Penjamin Infrastruktur Indonesia (PII). "Hari ini akan kami mulai pelaksanaan tol, meneruskan dari Semarang ke Surabaya di jalur utara. Pada awalnya dari Semarang ke Demak sepanjang 27 kilometer," kata Basuki dalam acara penandatanganan proyek tol Semarang-Demak di Jakarta, Senin (23/9).

Pembangunan tol tersebut memang sempat tertunda. Ini lantaran ada pertimbangan kembali terkait penggabungan proyek tersebut dengan tanggul laut.

Penggabungan tol dengan tanggul laut diharapkan dapat mencegah banjir rob yang sering terjadi di Semarang. "Pada awalnya tol ini agak tertunda karena ide menggabungkan tanggul laut yang nantinya memperkuat menghadapi rob," ujar Basuki.

(Baca: Lebih Cepat, Tol Layang Jakarta-Cikampek Siap Beroperasi November 2019)

Tol Semarang-Demak akan dibangun sepanjang 27 km oleh konsorsium PT PP, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, dan PT Misi Mulia Metrical. Konsorsium ini membentuk perusahaan dengan nama PT Pembangunan Perumahan Semarang Demak.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...