RI Masuk Tiga Besar Penghasil Merkuri Dunia, KLHK Awasi Penambang Emas

Image title
16 Juni 2020, 13:33
KLHK, kementerian lingkungan hidup dan kehutanan, pertambangan, minerba, emas
ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra
Ilustrasi, sejumlah ibu menambang emas secara tradisional dengan mendulang, di aliran Sungai Batang Kuantan, Nagari Silokek, Kab.Sijunjung, Sumatera Barat, Minggu (17/11/2019). Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mencatat pertambangan emas skala kecil (PESK) menghasilkan merkuri ketiga terbesar di dunia.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan atau KLHK menyatakan Pertambangan Emas Skala Kecil atau PESK menjadi salah satu penyumbang emisi merkuri terbesar di dunia. Bahkan, Indonesia setidaknya melepaskan 340 metrik ton merkuri atau setara dengan 15 truk peti kemas per tahun.

Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Berbahaya Beracun (PSLB3) KLHK Rosa Vivien Ratnawati mengatakan data tersebut diambil dari beberapa sampel PESK maupun daerah-daerah tambang yang ditinggalkan. Kandungan merkuri tersebut telah mengontaminasi masyarakat sekitar.

"Kalau dihitung dari total penggunaan merkuri, Indonesia berada di urutan ketiga teratas penghasil utama merkuri secara global," ujar Rosa dalam Katadata Forum Virtual Series "Pengolahan Emas Rakyat Yang Bertanggung Jawab", Selasa (16/6).

Lebih lanjut, Rosa menjelaskan, Indonesia telah meratifikasi Konvensi Minamata. Adapun konvensi ini membicarakan mengenai penghapusan penggunaan merkuri di berbagai negara termasuk Indonesia.

Melalui kebijakan tersebut, Indonesia berkomitmen mengurangi maupun memusnahkan penggunaan merkuri oleh PESK. Hal tersebut tercermin dari Peraturan Presiden (Perpres) No.21 Tahun 2019 tentang Rencana Aksi Nasional Pengurangan dan Penghapusan Merkuri.

(Baca: Korelasi Tambang Emas Ilegal dengan Banjir dan Longsor di Bogor)

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...