Anies Kembali Perpanjang PSBB Transisi Hingga 10 September 2020

Image title
28 Agustus 2020, 08:36
anies baswedan, jakarta, psbb, covid-19, corona
instagram.com/@aniesbaswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di ibu kota karena tingginya kasus Covid-19.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kembali memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi fase pertama hingga 10 September 2020. Perpanjangan kelima kalinya itu terpaksa diambil karena tingginya penyebaran Covid-19 di Ibu Kota.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan kebijakan tersebut akan dimulai pada Jumat (28/8). Untuk menekan angka penyebaran virus, seluruh warga diminta untuk lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam beraktivitas.

"Teman-teman tetap semangat, saling mengingatkan dan menjalankan ketentuan PSBB transisi ini," kata Anies melalui unggahan di akun Instagram pribadinya, dikutip Kamis (27/8) malam.

Selama vaksin belum ditemukan, lanjut Anies, obat yang paling efektif menekan angka penyebaran virus yakni kedisiplinan masyarakat menerapkan protokol kesehatan. Adapun ketentuan wajib yang harus dilaksanakan masyarakat setiap hari yakni memakai masker, menjaga jarak satu hingga dua meter, serta mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Jika tak ada kepentingan mendesak, semua orang tak diperkenankan meninggalkan rumah. "Kita harus lebih serius memastikan protokol kesehatan dijalankan dengan ketat," kata dia.

Adapun jumlah kasus Covid-19 di Jakarta terus meningkat. Terdapat penambahan kasus baru sebanyak 820 orang pada Kamis (28/8).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Dwi Oktavia memaparkan angka tersebut merupakan hasil tes Polymerase Chain Reaction (PCR) dari 8.587 spesimen.  Dari jumlah tes tersebut, sebanyak 7.127 orang dites PCR pada hari kemarin untuk mendiagnosis kasus baru dengan hasil 820 positif dan 6.307 negatif.

"Dari kasus positif tersebut, 250 kasus baru merupakan akumulasi data dari hari sebelumnya yang baru dilaporkan," kata dia.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...