Belum Ada Bukti Ilmiah Bayi Bisa Tertular Covid-19 di Dalam Kandungan

Image title
14 Oktober 2020, 17:35
Covid-19, virus corona, pandemi corona, jakarta, gerakan 3M
ANTARA FOTO/REUTERS/Essam Al-Sudani/aww/cf
Seorang perempuan Irak memakai masker pelindung menggendong bayinya di Children's Hospital for Cancer Disease, Irak, Kamis (9/7/2020). Dokter menyebut bayi dalam kandungan tak bisa tertular Covid-19.

Covid-19 begitu cepat menular antar manusia, termasuk kepada ibu hamil dan anak-anak. Meski begitu, virus corona tak bisa menginfeksi bayi yang masih dalam kandungan.

Menurut Dokter Kandungan RS Siloam Kebun Jeruk Kathleen Juanita Gunawan, para ahli belum menemukan bukti penularan virus corona saat proses kehamilan dan persalinan.  "Hingga saat ini belum ada bayi yang dilahirkan dengan kondisi terinfeksi virus corona," ujar Kathleen dalam sesi diskusi Satgas Covid-19 yang disiarkan secara daring pada Rabu (14/10).

Dokter Anak di RSUD Jati Padang Jakarta, Charles, juga menyebut penelitian-penelitian yang ada belum menunjukkan adanya penularan Covid-19 melalui plasenta. Dengan begitu, belum ada cukup bukti penularan Covid-19 bisa terjadi melalui kehamilan.

Meski demikian, jika ibu sudah terpapar Covid-19, maka proses persalinan harus melewati protokol yang ketat. Sehingga bayi yang lahir tak tertular virus corona.

Beberapa protokol yang wajib dijalani dalam proses persalinan, yaitu ruang operasi harus bertekanan negatif dan seluruh tenaga medis harus menggunakan alat pelindung diri (APD) level 3.

"Saat bayi lahir bisa langsung inisiasi menyusui dini, WHO tidak melarangnya, tapi si ibu harus pakai masker jika terkonfirmasi positif Covid-19," ujar Charles.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...