Ahli Epidemiologi Ingatkan Pemerintah Hati-hati Vaksinasi Covid-19

Image title
22 Oktober 2020, 11:56
vaksin virus corona, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/foc.
Petugas medis mencatat data warga saat proses simulasi ujicoba vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Tanah Sareal, Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu (4/10/2020). Vaksinasi harus memenuhi empat kriteria agar aman digunakan oleh masyarakat.

Pemerintah terus berupaya mengakhir pandemi corona. Salah satunya dengan mengadakan vaksinasi.

Sejauh ini, pemerintah memiliki tiga jalur pengadaan vaksin virus corona. Pertama, pengembangan vaksin Covid-19 di dalam negeri. PT Bio Farma bersama Sinovac dari Tiongkok bekerja sama mengembangkan vaksin yang diberi nama Merah Putih.

Advertisement

Kedua, pemerintah menggandeng lembaga internasional yaitu CEPI dan Gavi Alliance untuk mendapat akses vaksin dalam kerangka kerja sama multilateral. Skema itu melibatkan WHO dan Unicef, mulai dari tahap pengembangan, distribusi, dan pelaksanaan vaksinasi.

Ketiga, pasokan vaksin dari komitmen empat perusahaan, yaitu Astrazeneca, Simovac, Cansino, dan Sinopharm. Pemerintah pun memproyeksi pasokan vaksin tahap pertama dari beberapa perusahaan tersebut bakal tiba di Indonesia pada bulan depan.

Namun, Ahli Epidemiologi dari Griffith University Australia Dicky Budiman mengingatkan pemerintah untuk hati-hati menggunakan vaksin virus corona. Menurut dia, vaksin tidak seharusnya digunakan dalam kondisi darurat.

Pemerintah, lanjut dia, harus mempertimbahkan secara ilmiah efektivitas dan keamanan vaksin. Vaksin juga harus sudah memenuhi kriteria yang dipesyaratkan sehingga aman digunakan masyarakat.

"Ketika vaksin yang diberikan ternyata menimbulkan efek samping, biarpun cuma hanya satu orang dan itu di Indonesia, dampaknya akan ke seluruh dunia. Karena itu masuk program vaksinasi global. Jadi harus dipikirkan baik-baik,"ujar Dicky kepada Katadata.co.id pada Selasa (20/10).

Lebih lanjut, dia mengatakan ada empat kriteria yang harus dipenuhi sebelum vaksinasi. Pertama, vaksin tidak menyebabkan kesakitan atau kematian.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement