Kiai Berperan Besar Cegah Klaster Covid-19 di Pondok Pesantren

Andrea Lidwina
6 November 2020, 16:20
covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, gerakan 3M
ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra/aww.
Sejumlah santri yang mengenakan masker memasuki ruangan kelas di SMP Islam Takhassus Tahfidzul Quran Simbang Kulon, Pekalongan, Jawa Tengah, Kamis (9/7/2020). Kiai dan ulama berperan besar dalam pencegahan Covid-19 di pesantren.

Kiai dan ulama memiliki peran besar dalam penanganan Covid-19 di pondok pesantren. Tokoh agama tersebut dapat menegakkan disiplin protokol kesehatan di kalangan santri.

Terutama dalam mematuhi gerakan 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, serta menjaga jarak. Di sisi lain, para kiai diimbau tidak menerima tamu dan hanya melaksanakan kegiatan keagamaan secara daring.

Advertisement

“Peran kiai sangat luar biasa untuk memberikan keteladanan,” kata Kepala Subdit Pendidikan Pesantren Direktorat Pendidikan Pondok Pesantren Kementerian Agama Basnang Said dalam webinar Katadata “Bagaimana Menerapkan 3M di Pondok Pesantren?” pada Jumat (6/11).

Satuan Tugas Covid-19 Yayasan Pesantren Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang Neng Azah juga mengatakan kiai bisa menjadi pengawas sekaligus contoh bagi para santri dalam penerapan 3M.  “Misalnya, kiai mengajar dengan memakai masker, maka anak-anak akhirnya juga memakai masker,” ujar Azah.

Halaman:
Reporter: Andrea Lidwina

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement