Pemerintah Siapkan Dua Skema Distribusi Vaksin Covid-19

Image title
13 November 2020, 10:45
vaksin virus corona, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/nz
Petugas kesehatan menyuntikan vaksin kepada relawan saat simulasi uji klinis vaksin Covid-19 di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat, Kamis (6/8/2020). Pemerintah meminta masyarakat bersabar menanti vaksin Covid-19.

Pemerintah tengah menyusun peta jalan vaksin virus corona. Rencananya, akan ada dua skema distribusi vaksin di Indonesia.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito mengatakan pemerintah akan membuat skema vaksinasi bersubsidi dan mandiri. Dengan skema tersebut, pemerintah bakal menyusun aturan agar harga vaksin tak memberatkan masyarakat.

"Pemerintah dengan cermat menyiapkan aturan vaksinasi secara mandiri sehingga harganya terjangkau dan bisa diakses masyarakat luas," ujar Wiku dalam konferensi pers virtual pada Kamis (12/11).

Sebelumnya, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartanto mengatakan vaksin bersubsidi akan diberikan kepada garda terdepan penanganan Covid-19 seperti tenaga kesehatan, TNI, danPolri. Vaksin subsidi juga diberikan kepada peserta BPJS Kesehatan peneriman bantuan iuran yang jumlahnya mencapai sekitar 86 juta. 

Lebih lanjut, Wiku meminta masyarakat bersabar menanti produksi vaksin virus corona.  Hal itu karena pembuatan vaksin tidak mudah dan memerlukan waktu yang panjang. Terlebih lagi Covid-19 merupakan virus baru yang belum pernah diteliti sebelumnya.

Di sisi lain, pemerintah juga ingin memastikan vaksin Covid-19 yang diterima oleh masyarakat tidak menimbulkan efek samping serius. Oleh karena itu, pengembangan vaksin harus melewati berbagai tahapan.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...